Kualitas Buruk, Warga Desa Bantar Jaya Kembalikan Beras BPNT

Jumat, 25 Januari 2019 – 09:50 WIB
Beras. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, BEKASI - Warga Desa Bantar Jaya, Pebayuran, mengembalikan sekarung beras 10 kilogram yang didapat melalui program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kementerian Sosial ke Kantor Desa Bantar Jaya, Kamis (24/1) kemarin.

Mereka mengeluhkan kualitas beras yang buruk, berbau dan banyak kutu. Banyak butiran beras yang pecah sehingga mereka menganggap beras itu tak laik konsumsi.

BACA JUGA: Kualitas Beras BPNT Kemensos Buruk, Warga Protes

Protes dari warga semakin deras, kemudian kepala desa memanggil koordinator dan pendamping program itu untuk menjelaskan kualitas beras yang diterima masyarakat dengan disaksikan polisi.

Salah seorang warga asal RT 003 RW 07, Dusun 2, Marlina, mengatakan beras yang dia dapat banyak ulat dan kutu.

BACA JUGA: Tantangan Kemensos Entaskan Masalah Kesejahteraan Sosial di Era Milenial

“Gak bagus ini, pera, enggak enak. Gak layak konsumsi,” jelasnya sembari membawa sekarung beras.

“Sebenarnya banyak ibu-ibu bawa beras (serupa, Red) ke saya. Cuman saya bawa cuma satu ini, perwakilan. Semua sama kaya gini. Tidak layak, tidak sesuai (nilai bantuan). Rp 110 ribu masa kaya gini. Desa lain bagus,” sambungnya.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Juga Pakai Jurus ini Memangkas Kemiskinan

Baca Juga: Kualitas Beras BPNT Kemensos Buruk, Warga Protes

Menurut Marlina, beras yang didapat warga desa di Kedung Waringin jauh lebih baik dibandingkan yang ia terima. Beberapa tetangga yang telanjur memasak beras itu bahkan tak menyentuhnya sama sekali.

“Harapan kami dapat yang lebih baik. Masa dapet yang kaya gini. Disamain sama bebek kita. Mending dapet uang tunai buat beli sendiri,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Desa Bantar Jaya Abu Jihad Ubaidilah mengaku akan meneruskan keluhan masyarakat dan mengomunikasikan hal itu kepada koordinator program BPNT.

“Kami juga enggak pernah dilibatkan. Pemerintah desa enggak tahu terkait masalah ini. Mereka udah kerja sama ke beberapa warung dan rekanan. Dinsos hanya minta data saja ke kita. Harapan kami ke depannya lebih baik,” ucapnya.(dam/pojokbekasi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kemensos Pastikan Korban Bencana Dapat Perlindungan Sosial


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler