Kualitas Kesehatan Pekerja Ikut Meningkat Lewat Program Langit Biru

Kamis, 14 Januari 2021 – 21:30 WIB
Polusi udara. Foto: Vision Times

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (DK3N) Arudji Wahyono menyambut baik Program Langit Biru (PLB) Pertamina.

Menurut Arudji, meningkatnya konsumsi Pertalite yang dibarengi penurunan penggunaan Premium, akan meningkatkan kualitas dan kesehatan udara.

BACA JUGA: Program Langit Biru Pertamina Bantu Tekan Biaya Produksi dan Pemeliharaan

Udara yang semakin bersih, pada akhirnya akan meningkatkan pula kualitas kesehatan masyarakat termasuk para pekerja.

“Lebih bagus. Pengaruhnya akan dirasakan pada masyarakat luas yang menghirup udara. Termasuk juga para pekerja di jalan, seperti pengemudi angkutan umum,” kata Arudji.

BACA JUGA: Ernest Prakasa: Tindakan Raffi Ahmad Menurut Saya Keterlaluan

Kondisi ini diharapkan akan berdampak positif terhadap kesehatan dan produktivitas pekerja.

Karena itu, Arudji setuju dengan perpanjangan PLB Pertamina di berbagai daerah, termasuk Bogor, Depok, dan Sukabumi.

BACA JUGA: Menyesal Baru Mengenal Syekh Ali Jaber, Meisya Siregar: ada yah Laki Enggak Punya Ego Begini, MasyaAllah

Apalagi, tingkat kepadatan lalu lintas di daerah tersebut cukup padat. Termasuk Bogor yang mempunyai jumlah angkutan umum sangat banyak.

“Sebaiknya memang dilanjutkan. Karena di jalanan, selain masyarakat umum juga banyak dilalui pekerja baik formal dan nonformal, seperti sopir angkutan yang juga bisa memanfaatkan langsung program tersebut,” jelasnya.

Perpanjangan program juga akan mendukung tingkat kesadaran masyarakat, termasuk pekerja untuk menggunakan bahan bakar minyak (BBM) yang lebih berkualitas.

Terlebih, saat ini masyarakat sudah semakin sadar bahwa kualitas Pertalite memang lebih baik dibandingkan Premium.

Dengan BBM berkualitas, lanjut Arudji, masyarakat merasakan sendiri manfaat positif terhadap mesin kendaraan, emisi, dan juga kualitas udara.

Sementara, Anggota Komisi IV DRD Kota Bogor Anna Mariam Fadhilah juga mengapriesiasi perpanjangan PLB di Kota Bogor.

Menurut Dhila kehadiran PLB sangat membantu para pengguna BBM, terutama di saat pandemi Covid-19.

“Saya mendukung program ini. Semoga terus berlanjut, terlebih karena Premium juga sudah jarang didapat. Masyarakat juga bisa menghemat pengeluaran karena sebagian besar perekonomian masyarakat sedang menurun,” tambahnya.

Sebagai kota yang lalu lintasnya termasuk padat karena banyaknya angkutan umum, Dhila juga berharap PLB juga memberikan dampak baik terhadap peningkatan kualitas udara.

Hal ini karena angka oktan Pertalite lebih tinggi dibandingkan Premium, sehingga diharapkan bisa lebih ramah lingkungan.

“Program Langit Biru ini merupakan salah satu bentuk nyata pelaksanaan Peraturan Pemerintah No.41 tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara. Program ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dengan mengendalikan emisi gas buang kendaraan bermotor,” tegas Dhila.(chi/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler