Kudus Akhirnya Keluar dari Zona Merah

Rabu, 07 Juli 2021 – 06:06 WIB
Gubernur Ganjar Pranowo di kantornya Pemprov Jateng. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, SEMARANG - Kasus covid-19 yang sempat mengalami kenaikan cukup tinggi dan menjadi perhatian nasional di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah kini mulai melandai.

Saat ini, Kudus dinyatakan telah keluar dari zona merah penyebaran Covid-19 di Jawa Tengah.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Prediksi Pak Luhut, Gawat, Kabar Gembira dari Mas Nadiem, Selamat Jalan Bu Rachmawati

"Kudus melandai, bahkan sekarang sudah oranye kalau dari data epidemologis. Kudus sudah tidak masuk zona merah," kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ditemui di kantornya, Selasa (6/7).

Diketahui, peningkatan kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus yang terjadi secara mendadak usai lebaran itu membuat rumah sakit tak mampu menampung pasien.

BACA JUGA: Peringatan dari Pak Ganjar untuk Para Penyedia Gas Oksigen: Jangan Egois

Tak hanya Pemkab Kudus, Pemprov Jateng juga turun tangan untuk menangani lonjakan kasus di Kudus. Bahkan pemerintah pusat baik dari Kementerian Kesehatan, BNPB juga terjun langsung untuk menangani peningkatan kasus di sana.

Keberhasilan Pemkab Kudus dalam penanganan kasus Covid-19 itu diharapkan diikuti daerah-daerah lainnya.

BACA JUGA: Ya Ampun, Pak Ganjar Kaget Lihat RSUD di Pemalang Kotor dan Tak Terawat

"Kami harapkan tren Kudus bisa mempengaruhi area sekitarnya yang masih tinggi. Ya Jepara, Pati, Rembang dan sekitarnya," jelas Ganjar.

Dia mengatakan pihaknya terus memantau penanganan kasus Covid-19 di daerah zona merah sekitar Kudus. Beberapa melandai, tetapi Jepara sedang meningkat.

"Jepara lagi meningkat sekarang, jadi kami terus perhatikan," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga meminta daerah lain di Jateng untuk terus meningkatkan BOR di masing-masing rumah sakit sehingga jika terjadi lonjakan, tidak akan ada kepanikan.

"Semua saya minta tidak boleh berdiam diri. Pengalaman di Banjarnegara, kemarin itu kasusnya biasa saja. Sekarang terjadi peningkatan cukup tinggi. Maka kemarin saat rapat, saya minta Kadinkes Banjarnegara untuk menyiapkan semuanya," tegasnya. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler