Kunci Sukses Danamon Berkiprah di Industri Perbankan di Indonesia

Senin, 18 Juli 2022 – 06:29 WIB
Perayaan 66 Tahun Kiprah Bank Danamon di industri perbankan Indonesia. Foto: Danamon

jpnn.com, JAKARTA - Bersama Bersinergi dipilih sebagai tema perayaan ulang tahun yang ke-66 PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon).

Tema itu menggambarkan perjalanan panjang Danamon yang tidak mungkin tercapai tanpa kolaborasi dan sinergi dari semua pihak.

BACA JUGA: Bank Danamon dan Adira Finance Cetak Rekor MURI

"Selama hampir dua tahun, pandemi memaksa kita untuk beradaptasi dengan cara-cara baru. Namun, dengan kebersamaan yang kuat, masyarakat Indonesia mampu melewati tantangan itu semua," sebut Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk Yasushi Itagaki, dalam siaran pers, Senin.

"Tahun ini terbukti menjadi sebuah titik balik bagi perekonomian nasional dan juga kualitas kehidupan secara keseluruhan untuk menjadi lebih baik."

BACA JUGA: Bank Danamon Raup Laba Bersih Rp 1,6 Triliun

Perayaan ulang tahun ke-66 merupakan sebuah pencapaian yang sangat membanggakan bagi Danamon.

Perjalanan panjang ini menjadi bukti komitmen Danamon dalam memberikan layanan terbaik sesuai nilai-nilai yang dimiliki, yaitu Berkolaborasi, Integritas, Sigap Melayani dan Adaptif (BISA).

BACA JUGA: Bank KB Bukopin Kembali Jalin MoU dengan KB Finansia Multi Finance

Danamon akan terus berkomitmen memberikan solusi finansial untuk individual hingga korporasi dan menjadi partner setia sebagai “Bank Pilihan Anda.”

Danamon adalah bagian dari perusahaan induk MUFG yang merupakan salah satu institusi keuangan terbesar di Jepang.

Pengalaman panjang MUFG di sektor keuangan global telah membantu Danamon dalam menerapkan berbagai strategi bisnis secara lebih efektif, termasuk berbagai investasi di Saluran Digital, IT, Branding, dan Sumber Daya Manusia.

Pada 2021, Danamon meluncurkan aplikasi mobile banking yaitu D-Bank PRO.

Aplikasi tersebut memberikan sebuah pengalaman omni-channel kepada para nasabah dengan berbagai kemudahan untuk melakukan banyak transaksi keuangan.

Danamon juga terus melanjutkan kolaborasi kuat dengan anak perusahaan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance).

Kolaborasi keduanya telah memperkuat ekosistem pembiayaan otomotif di Indonesia melalui berbagai inovasi produk pembiayaan dan pemasaran otomotif.

Dengan sinergi yang apik dan kuat, tantangan pandemi terbukti tidak menyurutkan kinerja baik Danamon di industri keuangan Indonesia.

Dari Laporan Keuangan Kuartal I Tahun Fiskal 2022, Danamon mencatatkan kinerja positif di kuartal I 2022.

Fokus Danamon pada pertumbuhan granular funding berhasil meningkatkan Giro dan Tabungan (CASA) sebesar 12 persen dengan rasio CASA mencapai 60,5 persen, naik dari 54,7 persen yang tercatat pada periode yang sama tahun lalu.

Kualitas aset Danamon juga terus menunjukkan peningkatan.

Rasio Non-Performing Loan (NPL) coverage mencapai 209 persen pada kuartal I 2022, dibandingkan tahun sebelumnya.

Di kuartal I 2022, rasio NPL gross juga membaik 50 bps menjadi 2,8 persen sementara persentase Loan at Risk (LAR), yang mencakup COVID restructured loans under forbearance sebesar 15,4 persen, membaik 60bps dibandingkan tahun sebelumnya.

Indikator keuangan ini berkontribusi pada profitabilitas Danamon yang ditandai dengan tren quarterly yang stabil dari Net Interest Margin (NIM) sebesar 7,9 persen sementara laba operasional tumbuh 49 persen year-on-year.

Pada akhir kuartal I 2022, Laba Bersih Setelah Pajak (NPAT) Danamon mencapai Rp 860 miliar, meningkat sebesar 65 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Kredit di segmen Enterprise Banking, yang terdiri dari Perbankan Korporasi dan Komersial serta Lembaga Keuangan, naik 10 persen mencapai Rp 61 triliun dibandingkan tahun sebelumnya. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Adira Finance Kenalkan Fasilitas Penjaminan BPKB Kendaraan


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler