Kunjungan Ke Surabaya, Menteri AHY Akan Deklarasikan 46 Kota Lengkap

Minggu, 06 Oktober 2024 – 17:54 WIB
Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN Harison Mocodompis. Foto: Azil/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Menteri Agraria Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melakukan rangkaian kunjungan kerja ke Surabaya, Jawa Timur.

Ada dua agenda yang akan dilakukan AHY selama berada di Kota Pahlawan tersebut, salah satunya akan melaksanakan kegiatan deklarasi Kota Lengkap secara serentak bagi 46 Kabupaten/Kota di Indonesia pada Selasa (8/10/2024).

BACA JUGA: AHY Ungkap Kementerian ATR/BPN Berhasil Selamatkan Rp 5,71 Triliun Kerugian Negara

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN Harison Mocodompis menjelaskan deklarasi tersebut dilakukan lantaran sudah bertambahnya status Kota Lengkap terhadap 46 Kabupaten/Kota.

"Nanti hari Selasa, kita di sini akan ada deklarasi 46 kota/kabupaten yang berstatus kota lengkap," ujar Harison kepada wartawan saat ditemui di ruang VIP Bandara Juanda, Surabaya, Minggu (6/10).

BACA JUGA: Peringatan HANTARU 2024, Menteri AHY: UUPA jadi Momentum Kebangkitan

Harison menjelaskan Kota Lengkap merupakan status yang diperoleh Kabupaten/Kota, ketika administrasi BPN daerahnya telah memenuhi kriteria pendataan lengkap perihal informasi lahan secara komprehensif.

Diketahui, status Kota Lengkap menjadikan kemudahan bagi pemerintah daerah dalam melakukan penataan wilayah karena seluruh bidang tanah telah terdata dan terdaftar, serta memudahkan transformasi digital atau penerapan sistem elektronik dalam rangka efisiensi pelayanan kepada masyarakat.

BACA JUGA: Mahasiswi Unsoed Jadi Korban Eksploitasi Seksual

"Kota lengkap itu adalah keadaan dimana satu kantor BPN dinyatakan seluruh informasi spasial, pemetaan maupun tekstualnya itu lengkap," terang Harison.

Lebih lanjut, Harison juga mengungkapkan selain melakukan agenda deklarasi Kota Lengkap, rencananya Menteri AHY juga akan melaksanan sidang ujian promosi Doktor terbuka.

Putra sulung Presiden ke-6 Indonesia itu akan menjalani prosesi terakhir promosi gelar doktoralnya di Universitas Airlangga.

"Hari ini kami datang persiapan karena acara intinya besok tanggal 7, Pak Menteri AHY akan melaksanakan ujian promosi dokter beliau," tutut Harison.

Dia menuturkan AHY sudah dinyatakan lulus uji doktoralnya dalam sidang tertutup sebelumnya.

"Beliau sudah lulus di ujian tertutupnya. Sekarang adalah promosi dokter. Seperti memang tahapan di dalam program doktoral, kan, seperti itu ya," tutup Harison. (rhs/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Motif Congkel Mata di Bogor Ternyata Gara-gara Ini, Mengerikan


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler