Kunjungi Bali Lagi, Jokowi Bakal Ditawari Sambel Bejek

Kamis, 22 Februari 2018 – 08:44 WIB
WARUNG FAVORIT: Warung sambel bejek milik Pan Wiwin di Banjar Gunung Siku, Desa Belayu, Kecamatan Marga, Tabanan, Rabu (21/2). Foto: Dewa Rastana/Bali Express

jpnn.com, TABANAN - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berencana membagikan sertifikat tanah kepada ribuan masyarakat di Kabupaten Tabanan, Jumat (23/2). Pemerintah Kabupaten Tabanan pun akan memanfaatkan kunjungan presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu untuk mempromosikan wisata hingga kuliner setempat.

Salah satu kuliner yang akan dipromosikan adalah Warung Nasi Belayu Sambel Bejek. Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryatuti akan merekomendasikan sambel bejek untuk Presiden Jokowi makan siang.

BACA JUGA: Kang Hasan Ajak Pendukungnya Tak Gunakan Isu SARA

Pemilik warung, I Nyoman Winten (47) alias Pan Wiwin telah mempersiapkan diri dan bahan pokok untuk menjamu Presiden Jokowi dan para rombongan. Warung Nasi Belayu Sambel Bejek selama ini sudah dikenal masyarakat Tabanan maupun daerah lain.

Warung ini berada di pinggir jalan jurusan Marga – Denpasar, tepatnya di Banjar Gunung Siku, Desa Belayu, Kecamatan Marga, Tabanan. Pan Wiwin menjelaskan bahwa informasi rencana kunjungan Jokowi diinfokan oleh Camat Marga dan Perbekel Desa Belayu pada Selasa lalu (20/1).

BACA JUGA: Hamdalah, Pak Jokowi Sampai Istana Meski Diliputi Ketegangan

Dia mengaku kaget sekaligus senang, meskipun hal itu belum bisa dipastikan. “Mendengar kabar itu saja saya sudah senang, apalagi kalau memang benar Pak Presiden sempat mampir ke sini,” ujarnya Rabu (21/2).

Wiwin pun mengaku sudah mempersiapkan diri dan warungnya. Namun, tak ada menu spesial untuk Presiden.

BACA JUGA: Kemungkinan Ada 3 Capres di Pilpres 2019, Begini Analisisnya

Dia tetap akan menyajikan menu andalannya, yakni sambel bejek. Setiap hari, Wiwin melayani 200 porsi nasi sambal khas hasil resep warisan orang tuanya itu.

Jika benar Jokowi berkunjung ke warung Wiwin, tentu dia akan mengabadikan segala momen sebagai bentuk sebuah kebanggaan. “Tentu akan menjadi suatu kebanggaan, karena warung sederhana ini akan dikunjungi bapak Jokowi,” imbuhnya.

Sambel bejek akan disajikan bersama daging ayam yang disuwir, bunga kecicang (kecombrang, red), limau, bawang merah, cabai, dan minyak tandusan (minyak kelapa), serta sedikit penyedap rasa. Seluruh bahan sambal itu dicampur di dalam wadah dengan cara dibejek atau diremas sehingga menimbulkan aroma khas.

Layaknya membuat sambel matah, namun tambahan kecombrang  membuat cita rasa sambel bejek berbeda. “Kami di sini menggunakan bahan yang fresh, minyak kelapanya dibuatkan sendiri,” sambungnya.

Warung yang sudah berdiri sejak 1978 itu sejatinya didirikan oleh orang tua Wiwin yang bernama Pan Kasih dan Men Kasih. Awalnya orang tua Wiwin berjualan nasi keliling.

"Awalnya ibu saya yang menawarkan menu sambel bejek ini, kemudian saya yang meneruskan menu ini bersama istri,” tambah Pan Wiwin.

Harga per porsi nasi sambel bejek di kisaran Rp 23.000. Bahkan, kini Wiwin sudah bisa melayani pelanggan di Denpasar dan sekitarnya melalui ojek online.

Dalam sehari, Wiwin menghabiskan 25 kilogram beras, ayam 15 ekor, cabai 2 kilogram, bawang merah 6 kilogram, bunga kecicang 70 biji sampai 100 biji, sayur hijau 6 kilogram dan taoge 8 kilogram.

Warung Wiwin yang buka mulai pukul 09.00 hingga 13.00 itu pun menjadi langganan para pejabat, termasuk bupati Tabanan dan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Di Tabanan, Presiden Jokowi juga akan berkunjung ke Subak Jaka, Banjar Tegal, Desa Kukuh, Kecamatan Marga. Perbekel Desa Kukuh I Made Sugianto mengatakan, pihaknya sudah memberikan arahan kepada petani setempat perihal rencana kunjungan Presiden Jokowi.

“Pak Presiden rencananya memantau proyek padat karya berupa saluran irigasi dan jalan pertanian,” ujarnya.

Informasi yang beredar menyebut Jokowi akan tiba di Bali pada Kamis (22/2) petang. Jokowi akan langsung ke Bali setelah menyelesaikan acara di Bandung.

Di Bali, Jokowi akan menginap di sebuah hotel di kawasan Sanur. Besok (23/2), mantan gubernur DKI itu akan menghadiri pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP di Inna Grand Bali Beach.(bx/ras/art/yes/JPR)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sangat Mungkin PDIP Tak Usung Jokowi di Pilpres 2019


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler