Kupas Masa Depan Riset dan Teknologi Indonesia, BEM ITS Gelar Festival Karya

Rabu, 24 November 2021 – 07:30 WIB
Festival Karya 2021 yang akan dilaksanakan BEM ITS pada 27-28 November. Foto: Dokumentasi BEM ITS

jpnn.com, SURABAYA - Badan Eksekutif Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (BEM ITS) akan melaksanakan Festival Karya 2021.

Sejumlah kegiatan akan memeriahkan acara yang berlangsung pada 27-28 November, seperti unjuk karya mahasiswa ITS di bidang riset dan teknologi.

BACA JUGA: Masa Depan Nasib Pengembangan Riset dan Teknologi juga Bergantung dari UU Cipta Kerja

Presiden BEM ITS Ahmad Nailul menyampaikan Festival Karya 2021 merupakan inisiasi dari Kementerian Riset dan Teknologi BEM ITS untuk mengajak masyarakat melihat masa depan Indonesia melalui riset dan teknologi.

"Kami melibatkan pentahelix stakeholder yang terdiri atas unsur pemerintah, masyarakat, akademisi, pelaku usaha, dan media untuk saling terlibat bersama dalam membahas diskursus mengenai masa depan riset dan teknologi Indonesia," kata Ahmad Nailul kepada JPNN.com, Rabu (24/11).

BACA JUGA: TNI dan UI Berkolaborasi untuk Kembangkan Riset Teknologi Pertahanan

Dia mengatakan tujuan Festival Karya selaras dengan kebutuhan dalam kondisi saat ini, yaitu memfasilitasi mahasiswa ITS Surabaya maupun mahasiswa Indonesia dan masyarakat pada umumnya dalam wawasan mengenai Tim Riset dan Student Chapter yang ada pada ITS.

"Termasuk wawasan mengenai masa depan riset dan teknologi di Indonesia," ujarnya.

BACA JUGA: Mentan SYL Beri Perhatian Khusus pada Riset dan Teknologi Pertanian

Ketua Pelaksana Festival Karya 2021 Aulia Marta mengemukakan acara yang diselenggarakan tahun ini membawa tema besar, yaitu 'Peluang dan Tantangan Bidang Riset dan Teknologi Dalam Penerapan Era Society 5.0 Untuk Menyongsong Generasi Indonesia Emas 2045'.

"Tema tersebut dilatarbelakangi melihat Indonesia sebagai negara yang era industri 4.0 dengan segala kemajuan teknologi yang akan semakin canggih ke depannya sehingga dibutuhkan sumber daya manusia yang unggul agar dapat bersaing dan beriringan dengan teknologi yang ada," ujar mahasiswi ITS angkatan 2019 itu.

Aulia menyebutkan sejumlah rangkaian acara yang akan diselenggarakan dalam Festival Karya 2021, yaitu ada webinar dan serta Show Up Tim Riset dan Student Chapter.

Pihak panitia akan menghadirkan Prof Bambang Brodjonegoro yang saat ini menjabat sebagai Komisaris Utama PT Telkom Indonesia sebagai narasumber pada acara webinar yang mengangkat tema 'Bagaimana Peluang dan Tantangan Riset dan Teknologi di Indonesia?'

Selain itu juga akan hadir VP Technical Operations DANA Indonesia Zikry Zakiyulfuadi sebagai pemateri yang akan mengupas tema 'Technology for Sustainable Development'.

Terakhir, juga hadir sebagai pemateri Tenaga Ahli bidang Energi Kantor Staf Presiden Ahmad Agus Setiawan yang akan mengupas materi tentang 'Renewable Energy: Indonesia Prospects and Alternative Towards Clean Enviroment'.

"Untuk rangkaian acara Show Up, Festival Karya 2021 mengenalkan sebanyak 14 Tim Riset dan 10 Student Chapter yang ada di ITS," sebutnya.

Karena itu, Aulia mengajak mahasiswa ITS maupun mahasiswa Indonesia dan masyarakat pada umumnya untuk tidak melewatkan kesempatan emas ini dengan segera mendaftar melalui bit.ly/RegistrasiFestivalKarya.

Melalui Festival Karya 2021 akan banyak keuntungan yang bisa didapatkan, seperti diskusi interaktif dengan narasumber yang berkompeten di bidangnya, mendapatkan e-sertifikat, mendapatkan koneksi baru, dan ada juga hadiah dari games menarik.

"Tentunya menambah insight baru berdasarkan tema tersebut," ujar Aulia Marta.

Informasi menarik lainnya tentang dunia riset dan teknologi juga dapat diperoleh dengan mengunjungi laman media sosial Festival Karya 2021, yaitu Instagram @bem_its dan LinkedIn BEM ITS. (mrk/jpnn)

 


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler