Kupas Tuntas Fitur IoV dan ADAS di Wuling Almaz RS, Semoga tak Salah Kaprah Lagi

Kamis, 22 April 2021 – 03:50 WIB
Wuling Almaz RS. Foto: Ridho

jpnn.com, JAKARTA - Perangkat cerdas Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) yang disematkan di Almaz RS, ternyata banyak yang salah kaprah memahaminya.

Sebagian masyarakat menganggap Wuling Almaz RS memiliki teknologi autonomous (otonom), berkat hadirnya fitur Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistance System (ADAS) di dalam WISE.

BACA JUGA: Wuling Hadir di IIMS 2021, Ada Promo Cicilan Murah hingga Subsidi Harga

Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko secara tegas mengatakan bahwa inovasi teknologi WISE tidak lantas membuat Almaz RS setara dengan mobil swakemudi.

"Teknologi di Almaz RS tetap membutuhkan tanggung jawab dan kewaspadaan pengemudi, tentunya tetap aktif merespon keadaan sekitar," kata Danang saat media briefing secara virtual di Jakarta, Rabu.

BACA JUGA: Jelang Sahur, 2 Ibu Rumah Tangga dan 3 Pria Asyik Berbuat Dosa, Lihat Tuh Orangnya

Pada kesempatan tersebut, Wuling menjelaskan lebih dalam mengenai fungsi fitur IoV dan ADAS yang ada di paket WISE.

Internet of Vehicle (IoV)

BACA JUGA: Innalillahi, Umar Kori Tewas Mengenaskan, Tubuhnya Ditemukan Masih di Mulut Buaya

App Operation Wuling Motors Dimas Agus mengatakan dalam menghadirkan WISE, pihaknya memungkinkan penggunanya untuk mengeksplor lebih mendalam serta melakukan personalisasi.

"Mengenai fitur-fitur yang tergabung dalam Internet of Vehicle, konsumen harus dapat mengetahui keseluruhan fungsinya agar dapat menggunakan secara optimal," kata dia dalam kesempatan yang sama.

Jadi, mengenai IoV, lanjut Dimas, fitur ini memberikan berbagai kendali dalam genggaman pengguna dengan adanya koneksi antara ponsel pintar dengan Almaz RS.

Pertama, pemilik diharuskan melakukan registrasi akun, mengikat kendaraan, serta mendaftarkan kunci Bluetooth via My Wuling+.

"Pemilik yang punya (Almaz) RS cukup mengunduh aplikasi My Wuling+ pada ponselnya, kemudian melakukan registrasi akun, mengikat kendaraan, serta mendaftarkan kunci Bluetooth di aplikasi tersebut," jelas dia.

Nantinya, akun tersebut hanya pemilik Almaz RS yang terregistrasi yang bisa mengakses.

Jika ingin meminjamkan kendaraan ke orang lain, pengguna bisa melakukan pengaturan pada pilihan ‘Manajemen Otorisasi Kunci’.

"Pastikan orang lain yang diberikan otorisasi akses kunci telah memiliki email akun My Wuling+ yang sudah diaktivasi," ungkap Dimas.

Pengguna juga bisa melakukan preset navigasi untuk bisa menentukan terlebih dahulu tujuan navigasi bahkan sebelum memasuki kendaraan.

Navigasi akan aktif secara otomatis sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya saat setelah ponsel terinterkoneksi secara screen cast dengan headunit.

Fitur menarik lainnya ialah interkoneksi ponsel yang memungkinkan pengguna untuk memproyeksikan aplikasi pada smartphone ke layar headunit yang dapat dilakukan secara nirkabel dan kabel.

Advanced Driver Assistance System (ADAS)

Selanjutnya fitur ADAS yang berisi berbagai teknologi yang membantu mengurangi beban kerja pengemudi sehingga meningkatkan aspek keselamatan sekaligus kenyamanan.

Sensor berupa radar dan kamera resolusi tinggi berperan sebagai indera tambahan untuk membaca kondisi lalu lintas dan situasi lingkungan sekitar yang akan diproses oleh sistem sehingga kendaraan memberi respons yang sesuai.

Fitur-fitur ADAS memiliki beberapa syarat dan batasan agar dapat aktif.

Oleh karena itu, pengguna Almaz RS sangat perlu mempelajari dan memahami buku manual kendaraan sebelum berkendara.

Misalnya, untuk mengaktifkan fitur bantuan jelajah adaptif (adaptive cruise), seluruh pintu harus tertutup rapat, pengemudi harus menggunakan sabuk pengaman, transmisi ada di posisi D, sistem ESC aktif, dan rem parkir tidak aktif.

ADAS bersifat sebagai bantuan, dan tidak menggantikan peran utama pengemudi, artinya ini bukan mobil swakemudi.

Pengemudi harus selalu waspada dan bertanggung jawab terhadap kondisi lalu lintas.

Masyarakat pun diberi kesempatan untuk mencoba langsung inovasi WISE melalui unit test drive Almaz RS di Smart Driving Car Area dekat Pasar Gambir, JIEXPO Kemayoran, selama IIMS 2021 berlangsung. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wuling Almaz RS Sapa Warga Tangerang Selatan, Harga Subsidinya Sebegini 


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler