Kurang Bagus Monyet, Babi, Macan

Senin, 11 Februari 2013 – 09:12 WIB
Suhu Yo. Foto: Ade Sinuhaji/JPNN
KEMARIN (10/2) masyarakat Tionghoa merayakan tahun baru Imlek. Tahun naga air berubah menjadi tahun ular air. Penerawangan-penerawangan, ramalan, prediksi, atau kata lain sejenisnya, selalu menjadi pembicaraan menarik di setiap tahun baru Imlek.

Alasannya sederhana, masyarakat ingin mengetahui bagaimana nasib mereka pada tahun ular air ini. Beruntung ataukah buntung.

Salah satu ahli fengshui, pembaca garis tangan dan pengobatan alternatif, Suhu Yo mengatakan, ular mempunyai unsur kuat. Selain itu ular juga mempunyai insting yang kuat dan berbisa. Ular puin memiliki karakter emosional. Itu sebabnya tahun ini akan penuh dengan emosional.

Bagaimana keadaan dunia bisnis, politik, artis, hukum di Indonesia? Shio apa yang beruntung dan apa yang sial pada tahun ular air ini? Berikut petikan wawancara wartawan JPNN, Andrian Gilang dengan Suhu Yo pada Jumat (8/2) di Jakarta.

Shio-shio apa yang kurang baik pada tahun ular ini?
Sekarang kan tahun ular. Shio yang kurang bagus itu monyet, babi, sama macan. Shio babi itu kalau perjodohan akan putus. Kemudian jika dalam perkawinan akan bercerai. Sementara shio monyet banyak yang bangkrut atau keuangan yang kurang. Untuk macan kesehatan yang kurang baik.

Apa alasan tiga shio tersebut kurang baik dalam tahun ular air ini?

Perhitungan Cina itu perbedaan tiga tahun, enam tahun, dan sembilan tahun itu Ciong artinya naas. Ular sama monyet shionya beda tiga tahun itu akan bikin naas. Babi sama ular itu shio besar. Dampaknya akan memberikan perjodohan yang kurang baik. Ular perbedaan dengan macan sembilan tahun menyebabkan kondisi kesehatan yang kurang baik.

Shio yang bagus pada tahun ular air?
Shio yang bagus ayam dan kerbau. Karena ular akan memberikan kesempatan kepada ayam dan ular takut sama ayam. Sementara kerbau di sawah banyak ular, tetapi kerbau berani bajak sawah dan kulitnya tidak bisa dipatok sama ular.

Bagaimana dengan shio-shio lain?

Shio-shio lain biasa saja. Mereka netral.

Bisnis apa yang kurang baik pada tahun ular air?
Bisnis yang jelek makanan karena ular tidak makan tiga bulan juga kuat. Bisnis makanan kelas ke bawah makin jelek. Kemudian bisnis transportasi juga akan hancur.

Peluang usaha yang bagus pada tahun ular air?
Pertama properti tanah. Kemudian bisnis yang bagus lagi adalah pertanian dan hasil bumi. Bisnis herbal ramuan Indonesia tahun ini juga akan bangkit. Apalagi saya melihat dari menteri kesehatan mendorong semua orang, herbalis di Indonesia untuk bangkit. Kemudian bisnis mobil otomotif juga akan naik. Tapi yang booming itu otomotif listrik seperti mobil listrik dan motor listrik itu akan keluar semua 2013 ini. Sementara untuk elektronik seperti Blackberry akan ketinggalan jaman sebab tahun 2013, Android lebih kuat.

Bagaimana mengenai artis dan narkoba?

Banyak juga yang memakai. Seperti sekarang baru Raffi Ahmad nanti ada yang lain-lain lagi.

Salah satu inisialnya?

Banyak. Sekarang tidak perlu jauh-jauh bintang-bintang yang ngetop itu, zaman dulu inisial A misalnya Ariel dan Ahmad Albar yang masuk penjara, yang bermasalah. Sekarang ini terjadi huruf R, nanti R lainnya akan masuk penjara lagi.

Paling banyak R tahun ini?

Paling banyak R. Dulu sebagian besar A kena masalah hukum. Selain itu juga ada yang terkena masalah perceraian seperti Anang dan Ahmad Dhani. Dalam perceraian atau narkoba yang akan terkena huruf R.

Partai politik mana yang paling dominan tahun ini?

Ini dilihat dari angka. Nomor satu kuat. Nomor dua mengekor. Dia akan mengekor mana yang bagus hanya mengikuti alur. Nomor tiga sha (dibunuh). Dia akan dikempeskan dan digemboskan. Nomor empat shi (mati). Nomor lima punya peluang. Nomor enam punya kejutan. Nomor tujuh pergi. Banyak yang cabut. Nomor delapan kuat dan kokoh. Nomor sembilan diam, tidak bisa naik. Kemudian nomor sepuluh tidak ada peluang

Dari penerawangan Suhu Yo, partai mana yang memiliki peluang menang?

Posisi satu, dua, lima, enam, dan delapan itu yang bisa mengambil suara lebih dari 20 persen. Yang lain di bawah 10 persen. Kalau Demokrat bisa 16-17 persen.

Siapakah yang menjadi presiden Indonesia pada tahun 2014?

Menurut penerawangan saya, presiden orang Jawa dan bukan sosok lama. Yang menjadi presiden merupakan sosok baru. Dia tidak pernah menjadi menteri, presiden, ketua partai maupun istri ketua partai.

Bagaimana mengenai kasus korupsi tahun ular air?

Korupsi kan dari atas (pimpinan tertinggi). Apalagi saat pemilu pasti butuh banyak dana. Mereka dapat darimana kalau tidak dari jarah duitnya rakyat. Kalau lihat dari karakter ular, ular ini kan licik dan serakah. Kalau mereka makan kambing, tulangnya dihantam juga. Jumlah kasus korupsi akan lebih banyak dari tahun 2012. ***


BACA ARTIKEL LAINNYA... Saya Akan Ambil Tindakan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler