Kursi Menteri Kabinet SBY-Boediono Sudah Dibagi

Menhan Dari Tentara Lagi, Menkeu Tetap Sri Mulyani

Rabu, 13 Mei 2009 – 20:11 WIB

JAKARTA - Tampaknya, kubu Partai Demokrat sudah yakin betul jagonya bakal menang pada pemilu presiden Juli mendatangKursi kabinet pun sudah dibagi-bagi dengan sejumlah partai yang mendukung pencalonan Susilo Bambang Yudhoyono sebagai presiden

BACA JUGA: PDIP Anggap Koalisi Pendukung SBY Rapuh

Agar pembagian kursi tidak menjadi sumber keributan antarpartai pendukung pemerintahan nanti, dibuatlah rumusan yang adil


Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS) Agus Purnomo membocorkan masalah ini

BACA JUGA: SBY Pilih yang Berkarakter Lembut

Dia mengatakan, setiap partai pendukung akan mendapat jatah kursi yang jumlahnya proporsional sesuai jumlah perolehan kursi di DPR RI.

Dengan rumusan itu, tentunya semakin sedikit anggotanya yang duduk di DPR, jatah kursi kabinet partai itu juga sedikit
Demikian juga sebaliknya

BACA JUGA: Mubarok: Boediono Bukan Neo-Liberalis

"Tergantung kursi DPR yang didapat partai," ujar Agus Purnomo saat menjadi pembicara diskusi di Jakarta, Rabu (13/5)

Yang menariknya lagi, ternyata pembicaraan antarpartai pendukung SBY tidak sebatas jumlah kursi yang menjadi jatah partai pendukungSoal nama pun sudah diplot.

Usai diskusi, Agus yang didesak wartawan untuk menyebut nama pun enggan berkomentarTapi, saat dipancing dengan pertanyaan yang lebih detil, mantan Ketua DPW PKS Yogyakarta itu pun mau buka suaraSiapa yang menjadi menteri pertahanan? Agus dengan singkat menjawab," Dari darat." Maksudnya, orang yang akan mengisi pos menhan adalah jenderal dari TNI Angkatan Darat.

Lantas, siapa menteri keuangan? "Tetap," katanya sembari melenggang meninggalkan wartawanKalau benar jawaban Agus itu, maka bisa dipastikan Sri Mulyani Indrawati bakal terus duduk di kursi jabatannya hingga lima tahun ke depanHanya saja, Agus tidak menjelaskan bagaimana mekanisme penentuan kursi menteri yang diisi orang non partaiApakah itu menjadi hak prerogratif SBY, ataukah melalui persetujuan seluruh partai pendukung(sam/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sesepuh Pendukung SBY Perlu Rapat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler