Kursi Panas Mancini di City

Senin, 21 Desember 2009 – 00:59 WIB
Foto: Universalfutbol.

MANCHESTER - Roberto Mancini mengakhiri status penganggurannya selama 18 bulan terakhirMancini resmi menjabat pelatih Manchester City menggantikan Mark Hughes

BACA JUGA: Pemerintah Bayar Bonus Peraih Medali SEA Games

Pengumuman itu terjadi hanya beberapa jam setelah City menang 4-3 atas Sunderland, di Manchester, Sabtu (19/12) malam WIB.

Sebagaimana klaim media Italia, Mancini dikontrak selama 3,5 tahun dengan bayaran 3,5 juta pounds atau setara Rp 54,47 miliar (kurs 1 pounds = Rp 15.561) per tahun
Itu belum termasuk bonus satu juta pounds atau sekitar Rp 15,5 miliar, apabila Mancio - sapaan akrab Mancini - berhasil membawa City masuk empat besar Liga Inggris alias lolos ke Liga Champions musim depan.

Bonus dengan nominal sama, bakal dikantongi mantan allenatore (pelatih) Inter Milan itu untuk setiap gelar yang dipersembahkannya selama menduduki kursi panas di City

BACA JUGA: Langganan Cadangan, Kontrak Zabaleta Diperpanjang

Mancini sejatinya sudah menunjukkan gelagat sebagai pelatih baru City, ketika menonton langsung laga City versus Sunderland tersebut.

Debut Mancini bersama The Citizens - julukan City - bakal terjadi saat menjamu Stoke City dalam Boxing Day, atau laga English Premier League (EPL) alias Liga Inggris sehari setelah Natal (26/12)
Sedangkan perkenalan resmi Mancini kepada publik, rencananya bakal dihelat hari Senin (21/12) ini waktu setempat.

Dalam susunan kepelatihan City, Mancini akan didampingi Brian Kidd sebagai asisten pelatih

BACA JUGA: Atletik Sukses, Minta PAL Dilanjutkan

Sebelumnya, Kidd menjabat sebagai Kepala Departemen Pengembangan atau pelatih junior City sejak September lalu.

"Roberto (Mancini) adalah pelatih sarat pengalaman dan memiliki track record memenangi trofi juaraItu merupakan pertimbangan kami memilihnya," kata Chairman City, Khaldoon Al Mubarak, di situs resmi klub itu.

"Yang membuat kami percaya diri, Roberto yakin Manchester City memiliki potensi meraih level tertinggi dengan apa yang dimiliki saat iniHarapan saya, fans kami antusias menyambut Roberto di klub," tambah tangan kanan owner City asal Uni Emirat Arab (UEA), Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan tersebut.

Terkait alasan didepaknya Hughes, Khaldoon menyebut itu dikarenakan penampilan City belakangan ini yang kurang memuaskan petinggi CitySemula, nasib Hughes rencananya baru akan diputuskan di akhir tahunTapi tampaknya, kesabaran petinggi City sudah melewati batas.

"Dua kemenangan dalam 11 laga Premier League jelas tidak selaras dengan target yang telah ditetapkanSheikh Mansour dan pengurus sepakat harus ada perubahan fundamental (pergantian pelatih, Red)," jelas Khaldoon.

Jika merunut pencapaian City musim ini, Hughes sebenarnya tidak begitu burukKolo Toure dkk hanya dua kali kalah di Premier League dan berada di urutan keenamCity juga lolos ke semifinal Piala Carling dan akan menghadapi rival sekotanya, Manchester United, pada 6 dan 19 Januari 2010 depan.

Tidak bisa dipungkiri, Hughes yang menangani City selama 563 hari itu, tak lebih dari sekadar korban ambisi klubSejak diakuisisi Sheikh Mansour pada September 2008, target menjadi klub top dunia memang sudah dicanangkanDemi ambisi itu, Sheikh Mansour rela menggelontorkan dana sampai 250 juta pounds, atau setara Rp 3,89 triliun, untuk belanja pemain.

Bujet itu bakal membengkak, karena City siap memberi anggaran besar bagi Mancini di bursa transfer Januari nantiSejauh ini, sejumlah pemain yang dibidik Mancio antara lain adalah bomber Atletico Madrid Sergio Aguero, serta defender Juventus Giorgio Chiellini(dns)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tiger Woods Dituntut Cerai


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler