Kusnadi Mundur dari Ketua DPD PDIP Jatim, Pengamat: Tindakan Gentleman

Minggu, 05 Februari 2023 – 14:41 WIB
Pengamat Politik Universitas Airlangga Surabaya, Suko Widodo. (ANTARA/HO-Dokumen pribadi)

jpnn.com - SURABAYA - Ketua DPRD Jawa Timur Kusnadi mengundurkan diri dari posisi ketua DPD PDIP Jatim.

Pengamat politik Universitas Airlangga Surabaya Suko Widodo memuji sikap Kusnadi.

BACA JUGA: Kusnadi Mundur dari Jabatan Ketua DPD PDIP Jatim, Alasannya Begini

Menurut Suko, pengunduran diri ini bagus sebagai bentuk tanggung jawab pribadi terhadap organisasi dan masyarakat.

"Pengunduran ini agar bisa berkonsentrasi pada proses penegakan hukum dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh KPK adalah tindakan yang gentleman," kata Suko Widodo dihubungi di Surabaya, Minggu (5/2).

BACA JUGA: Capres KIB Dipastikan Masih Tunggu Manuver PDIP dan Arahan Presiden Jokowi

Mengenai berpengaruhnya perolehan suara PDIP di Jatim saat pemilu mendatang imbas pergantian ketua DPD, Suko menyebut hal itu tergantung pada semua pengurus dan pendukung.

"Apakah suara pemilu PDIP di Jatim akan bertambah atau berkurang? Ya tergantung semua pengurus dan pendukung. Tidak bisa dilihat dari sebuah pengunduran Pak Kusnadi saja. Kalau nanti tak terbukti korupsi, kan posisinya kembali ke Pak Kusnadi," ungkapnya.

BACA JUGA: Gus-Gus Jatim Pendukung Ganjar Bantu Revitalisasi Ponpes Ar-Rohman di Magetan

Menurut dia, PDIP merupakan partai yang berpengalaman dan solid dalam menghadapi sejumlah permasalahan.

"Saya kira PDIP organisasi yang solid. Siapa pun penggantinya, saya kira PDIP tetap satu komando pada pimpinan yang ditetapkan. Jadi, tidak masalah jika dipimpin Pak Said Abdullah," tuturnya.

Dia berpendapat suara PDIP di Jatim pada pemilu mendatang akan aman-aman saja. "Karena DPD PDIP selama ini terus bekerja keras sampai bawah," ungkap Suku.

Sebelumnya, Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat menjelaskan bahwa Kusnadi mengajukan pengunduran diri dari jabatan ketua DPD Jatim agar bisa berkonsentrasi pada proses penegakan hukum dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh KPK.

"DPP Partai mengabulkan permohonan tersebut. Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri juga terus mengingatkan kepada kader partai untuk tidak melakukan korupsi dan menyalahgunakan kekuasaan," ujar Djarot di kantor DPD PDIP Jatim di Surabaya, Sabtu (4/2) malam.

Selanjutnya, PDIP resmi menunjuk Said Abdullah sebagai pelaksana tugas ketua DPD PDIP Jatim. Said ditunjuk menggantikan Kusnadi.

Penunjukan tertuang dalam Surat Keputusan (SK) No 283/KPTS/DPP/II/2023 tentang Pembebastugasan Saudara Kusnadi, MHum, dari Jabatannya Sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Serta Penunjukkan Dan Pengangkatan Pelaksana Tugas (Plt), dan Pelaksana Harian (Plh) Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur yang berlaku sejak 3 Februari 2023.

"Atas Keputusan DPP partai, tugas utama dan prioritas yang akan saya laksanakan di Jawa Timur sebagai pengemban amanah dari Ibu Ketua Umum dan DPP Partai selama dua bulan ini," kata Said Abdullah. (antara/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
PDIP Jatim   PDIP   Kusnadi   gentleman   KPK   Said Abdullah  

Terpopuler