KWI dan PGI Puji Keberhasilan Penyelenggaraan Pilkada 2020

Minggu, 13 Desember 2020 – 20:49 WIB
Warga saat mengikuti pencoblosan Pilkada. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Komisi Kerasulan Awam Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Romo Paulus C Siswantoko Pr menyebut, keberhasilan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 menjadi cerminan dari kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah yang efektif.

Ia pun menyampaikan apresiasi kepada pihak penyelenggara pilkada yakni KPU, Bawaslu, Kementerian Dalam Negeri dan seluruh masyarakat Indonesia.

BACA JUGA: Massa Geruduk Polres Ciamis Minta Ditahan untuk Gantikan Rizieq Shihab

“Proses Pilkada serentak 2020 mendapat apresiasi dari para tokoh publik dan organisasi kemasyarakatan maupun keagamaan," kata Romo Paulus dalam keterangannya, Minggu (13/12).

"Pilkada 2020 ini merupakan prestasi bersama bangsa dalam menjaga nilai demokrasi dan keselamatan, serta kesehatan bersama di tengah pandemi."

BACA JUGA: Qodari Menilai Hasil Pilkada Kota Medan Tidak Akan Diwarnai Gugatan ke MK, Begini Alasannya

Romo Paulus juga secara khusus menyampaikan apresiasi pada langkah-langkah konkret pemerintah, dalam hal ini kemendagri yang betul-betul serius mendukung penyelenggaraan Pilkada 2020.

Pandangan senada juga dikemukakan Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja se-Indonesia (PGI) Pdt Gomar Gultom.

BACA JUGA: Para Jawara Betawi Siap Menyerahkan Diri dan Ikut Ditahan Bersama Rizieq Shihab

“Apresiasi patut ditujukan kepada penyelenggara pilkada, dalam hal ini KPU, Bawaslu, TNI Polri yang bertugas menjaga keamanan. Tentu juga kepada Kemendagri yang merupakan representasi negara atau pemerintah,” ucapnya.

Gomar mengakui, pelaksanaan Pilkada 2020 penuh tantangan dan risiko.

Apalagi merupakan pemilihan terbesar di dunia, ketika dilihat dari skala geografis dan jumlah penduduk yang turut serta.

“Ini merupakan prestasi luar biasa bersama bangsa Indonesia dalam menjaga nilai-nilai demokrasi dan menjaga kesehatan, serta keselamatan bersama,” katanya.

PGI berharap keberhasilan pilkada dapat menjadi modal sosial politik, dalam meningkatkan solidaritas kewarganegaraan umat khususnya, dan bangsa pada umumnya.

Untuk makin optimistis dalam menjalani kehidupan di tengah pandemi Covid-19 yang masih tetap menjadi tantangan serius di masa mendatang.

“Sudah sepantasnya bangsa Indonesia bersujud dan bersyukur, sebagai bangsa yang dirahmati Tuhan, karena telah mampu menjalani peristiwa yang sangat besar dan penting ini dengan selamat," pungkas Pdt Gomar Gultom.(gir/jpnn)


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Pilkada 2020   KWI   PGI  

Terpopuler