KX-1 Kickboxing Championship Makin Profesional, Bakal Go Internasional

Kamis, 18 Agustus 2022 – 22:56 WIB
Sesi perkenalan pertarung dalam jumpa pers KX-1 Pro Fight Series 3. Foto: Dok. KX-1 Kickboxing Championship

jpnn.com, JAKARTA - Ajang bela diri kickboxing semakin bergeliat di Indonesia. Kejuaraan profesional bertajuk KX-1 Pro Fight Series 3 Kickboxing Championship bakal bergulir kembali pada Jumat (19/8) mendatang di New Kaliber, Tambora, Jakarta Barat.

KX-1 Pro Fight Series 3 sendiri saat ini sudah masuk seri ketiga dalam chapter pertama.

BACA JUGA: Airlangga Hartarto Cup Championships 2022 Bakal Lahirkan Atlet Wushu & Kickboxing Tangguh

Dalam seri ketiga ini, Promotor Abdul Rohman menyebut bakal perubahan signifikan dibandingkan seri pertama dan kedua

Saat ini, KX-1 Kickboxing sudah bergabung dengan satu wadah internasional melalui ISKA Indonesia. Karena itu, aturan dan juga sanksi, akan mengikuti regulasi dari ISKA internasional tersebut.

BACA JUGA: Menpora Amali Bangga Cabor Wushu & Kickboxing Sukses di SEA Games 2021 Vietnam

"Sebelumnya kami masih berafiliasi dengan lokal, artinya dari kickboxing amatir yang kami buat profesional," tuturnya, Kamis (18/8).

Dengan berafiliasi ke wadah internasional, jenjang kompetisi dan prestasi kicboxer nantinya semakin jelas. Ada kemungkinan juga, lanjut Rohman, juara di KX-1 Kickboxing Championship bisa lanjut mengikuti event yang lebih tinggi dan bersifat internasional.

BACA JUGA: Terpilih Aklamasi Pimpin KBI, Ngatino Bertekad Bawa Kickboxing Masuk Cabor DBON

Rohman memastikan, target berikut dari dirinya selaku promotor ialah membawa para petarungnya untuk berlaga dalam even kombat profesional di tingkat regional, kontinental, maupun internasional.

"Jadi pasti kami promosikan ke yang lebih tinggi. Kami akan ciptakan dulu juara nasional, setelah ada baru dibawa ke internasional," terangnya.

Dalam KX-1 Pro Fight seri ketiga ini, bakal ada 16 petarung yang ambil bagian. Artinya, bakal ada delapan partai dipertandingkan. Selain ada pertandingan di kelas 63,5 kg sebagai partai utama. Dua petarung yang akan menajalni duel ialah Daniel M. Tahulending kontra Dedy F. Lubis.

Selain itu, ada pertarungan kelas 61 kg (dua pertarungan), kelas 53,5 kg, 81,5 kg, 48 kg, dan 65 kg. Sementara satu partai sisanya nomor free style boxing kelas 61 kg.

Di sisi lain, Presiden ISKA Indonesia Mustadi menjamin bahwa kejuaraan yang diselenggarakan kali ini sangat memperhatikan aspek keamanan dari setiap petarung. Aturan itu mengacu kepada regulasi internasional yang sudah menjadi standar dalam sebuah pertarungan kickboxing.

"Masalah keselamatan atlet itu yang utama, itu kenapa event KX-1 ini berada di bawah satu badan organisasi yang resmi di bawah ISKA internasional," ucapnya.

Mustadi menambahkan, seluruh pertandingan KX-1 Kickboxing Championship ini akan yang diawasi seluruhnya. Sleain itu, wasit dan juri juga menggunakan yang telah tersertifikasi sehingga pertarungan terjamin kualitas dan keamanannya. (dkk/jpnn)


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler