La Viola Ingin Tetap Sempurna

Minggu, 15 September 2013 – 10:48 WIB

jpnn.com - FIRENZE - Tak mengejutkan jika Juventus dan meraih hasil seratus persen di dua giornata awal Serie A musim 2013-2014. Tapi, sedikit mengejutkan jika Fiorentina juga berhasil meraup enam poin di dua pekan awal.

Fiorentina mengawali kompetisi kemenangan 2-1 atas Catania. Agresifitas permainan tim berjuluk La Viola itu makin nyata di laga kedua saat bertandang ke kandang Genoa. Fiorentina membekuk tuan rumah dengan kemenangan 5-2.

BACA JUGA: Sembilan Senti Menuju Mimpi

Nah, petang nanti Fiorentina berharap bisa menjaga catatan sempurna di awal musim saat menjamu Cagliari di Artemio Franchi (Siaran langsung TVRI pukul 17.30 WIB).

Memang, jika menilik pergerakan La Viola di bursa transfer lalu, apa yang mereka capai pada awal musim ini dinilai tak terlalu mengejutkan.  Musim ini La Viola berhasil menggaet Mario Gomez dari Bayern Muenchen, Joaquin (Malaga), dan gelandang gaek Massimo Ambrosini (AC Milan).

BACA JUGA: Ronaldo Hampir ke Monaco

Giuseppe Rossi yang diboyong dari Villarreal pada Januari lalu, juga sudah mulai pulih dari cedera panjang yang menderanya.  Tiga gol dalam dua laga terakhir berhasil dilesakkan bomber kelahiran Amerika Serikat itu.  Total, kolaborasi Rossi dan Gomez di lini depan sudah memberikan kontribusi lima gol buat La Viola.

Produktifnya lini depan setidaknya bisa menutup celah kelemahan di lini pertahanan.  Ya, sejauh ini sudah tiga gol yang bersarang di gawang tim polesan Vincenzo Montella itu.  

BACA JUGA: Tak Hanya Numpang Lewat

Montella yang mantan striker AS Roma, rupanya masih kesulitan meracik komposisi di lini pertahanan.  Terbukti, di dua laga awal dia menggunakan dua racikan yang berbeda.  Saat melawan Catania, Montella memakai formasi 3-5-2. Kemudian, saat melawat ke Genoa, ganti formasi 4-3-1-2 yang diterapkan.

"Kami harus menyeimbangkan semua lini kami. Tiap pemain memberikan kemampuan terbaiknya. Jawabannya ada di laga melawan Cagliari, saat mereka ada di fase terbaiknya," beber Montella kepada Football Italia.

Upaya Montella untuk memperbaiki lini belakangnya mendapatkan halangan. Manuel Pasqual harus menerima 50 jahitan di kepala setelah membela Italia di Kualifikasi Piala Dunia 2014. Sementara full back kanan Juan Guillermo Cuadrado dalam kondisi kelelahan setelah membela Kolombia di dua laga kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Amerika Selatan.

Problem barisan belakang juga melanda Cagliari.  Davide Astori dipastikan absent karena cedera.  Meski demikian, Montella tetap menganggap Cagliari adalah sebuah ancaman. "Mereka memiliki banyak kesamaan dibanding musim lalu. Cagliari memiliki pondasi yang solid dan punya lini depan yang bagus. Kami juga harus mewaspadai set play mereka," terang Montella. (ady/bas)

Susunan pemain

Fiorentina (3-5-2)
1-Neto (g); 40-Tomovic, 2-Rodriguez, 5-Compper; 17-Joaquin, 10-Aquilani, 20-Borja Valero, 7-Pizarro, 3-Alonso; 33-Gomez, 49-Rossi
Pelatih: Vincenzo Montella

Cagliari (4-3-1-2)
1-Agazzi (g); 21-Dessena, 15-Rossettini, 13-Astori, 29-Murru; 20-Ekdal, 5-Conti (k), 4-Nainggolan; 7-Cossu; 51-Pinilla, 9-Sau
Pelatih: Diego Lopez

Stadion: Artemio Franchi, Firenze
Wasit: A. De Marco

BACA ARTIKEL LAINNYA... Berharap Rekor Baru di Papua


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler