Ladies, Atasi Rambut Kering dengan 5 Bahan Alami Ini

Rabu, 18 Juli 2018 – 19:09 WIB
Ilustrasi rambut bercabang.

jpnn.com - Biasanya, rambut rawan terhadap kerusakan pada muim panas. Paparan sinar matahari membuat rambut jadi lebih kering, berketombe dan rontok.

Rambut kering terjadi ketika batang rambut tidak dilembapkan dengan baik, sehingga menyebabkan rambut mudah rapuh dan usang.

BACA JUGA: Cara Membuat Lip Balm dengan Bahan-bahan Alami

Dilansir dari Healthy Guide, rambut kering dapat diatasi dengan berbagai cara. Salah satunya melalui makanan dan diet sehat.

Selain itu, ada berbagai resep rahasia rumahan yang efektif merawat rambut kering dan mengembalikan kilaunya.

BACA JUGA: Atasi Rambut Kering dengan Ramuan Alpukat dan Minyak Zaitun

1. Mayones

Mayones adalah bahan utama yang dapat membantu menyingkirkan rambut kering Anda. Mengandung protein tinggi, mayones membuat rambut menjadi lembut dan berkilau.

BACA JUGA: Lidah Buaya Efektif Mengusir Jerawat Membandel

Caranya, oleskan mayones penuh lemak pada rambut dan kulit kepala saat keadaan basah. Pijat lembut ke kulit kepala kemudian gunakan penutup kepala dan diamkan selama sekitar 60 menit.

Bilas dengan air hangat sebelum keramas seperti biasa. Ulangi perawatan ini setiap minggu untuk merawat rambut kering.

2. Alpukat

Vitamin A dan E, lemak jenuh, protein serta mineral lain yang ada dalam alpukat dapat membantu Anda merawat rambut kering dan rusak, sekaligus menambah kelembapan dan memperkuat batang rambut.

Caranya, lembutkan buah alpukat matang yang sudah dikupas terlebih dulu. Tambahkan sekitar 2 sendok makan minyak zaitun dan aduk rata dengan lumatan alpukat.

Aplikasikan ke rambut Anda yang sedikit basah dan diamkan selama 30 menit. Lalu, bilas dengan bersih. Ulangi seminggu sekali.

3. Madu

Madu dikenal sebagai perawatan alami yang bagus untuk rambut kering. Sebab bisa menjaga uap air di rambut, sehingga membuatnya bernutrisi dan lembut.

Sediakan ½ cangkir madu mentah lalu oleskan ke rambut Anda yang sedikit lembap. Pijatlah dengan lembut dan tutup kepala menggunakan haircap selama setengah jam.

Terakhir, bilas dengan air hangat. Ulangi dua kali seminggu.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dikenal sebagai salah satu solusi terbaik untuk kulit kepala rambut kering.

Kandungan antioksidan dan vitamin E yang ditemukan dalam minyak zaitun dapat mengatasi rambut kering dan rusak. Selain itu, dapat memperkuat dan menambah kilau rambut kering Anda.

Caranya, tempatkan beberapa tetes extra virgin olive oil dalam mangkuk lalu hangatkan. Kemudian, oleskan minyak hangat pada rambut dan kulit kepala.

Pijat lembut kulit kepala Anda selama sekitar 50-10 menit. Gunakan handuk hangat untuk menutupi rambut dan biarkan selama lebih dari 30 menit atau semalaman.

Terakhir, keramas rambut seperti biasa. Ulangi obat ini sekali atau dua kali seminggu.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung asam amino serta vitamin dan mineral penting, menjadikannya solusi yang bagus untuk rambut kering dan rusak.

Caranya, campurkan ½ cangkir gel lidah buaya, 1 sendok bubuk basil, dan 2 sendok masing-masing bubuk fenugreek dan minyak jarak.

Kemudian, oleskan campuran ini ke rambut dan kulit kepala Anda. Gunakan haircap untuk melindungi rambut dan biarkan semalaman.

Tata rambut keesokan paginya. Ulangi perawatan rumahan ini sekali atau dua kali seminggu dalam 1-2 bulan. (fid/JPC)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Kulit


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler