Lidah Buaya Efektif Mengusir Jerawat Membandel

Kamis, 17 Mei 2018 – 18:43 WIB
Lidah Buaya. Foto HerbalCare

jpnn.com - Banyak bahan alami yang bisa mengusir jerawat. Salah satunya adalah lendir lidah buaya yang dipercaya bisa mengatasi jerawat membandel.

Dilansir dari healthy guide, gel lidah buaya mengandung asam salisilat dan sifat anti-inflamasi, yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan.

BACA JUGA: Wajah Berjerawat? Coba Atasi dengan 5 Cara ini

Sifat-sifat astringen yang ditemukan dalam lidah buaya membantu menghilangkan kotoran dan minyak berlebih dari kulit.

Baca juga: Lidah Buaya Bisa Membantu Mencegah Kanker?

BACA JUGA: Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Kulit

Sehingga mencegah timbulnya jerawat. Bagaimana caranya? Berikut beberapa resep yang menggunakan lidah buaya dicampur bahan alami lain.

1. Lidah Buaya Murni

BACA JUGA: Atasi Jerawat Membandel dengan Campuran Minyak Cendana

Oleskan lidah buaya murni dengan limpah ke area kulit yang berjerawat.

Biarkan pada malam hari selama tertidur. Bilas dengan air bersih di pagi hari berikutnya. Ulangi aplikasi ini sekali sehari.

2. Lidah Buaya dan Minyak Zaitun

Menurut sebuah penelitian minyak zaitun kaya akan vitamin C dan antioksidan. Sehingga dapat menembus kulit secara mendalam sambil memberikan efek pembersihan.

Campur minyak zaitun dengan jus lidah buaya selama 5 menit. Lalu oleskan pada bekas jerawat dan biarkan selama 40 menit.

Terakhir, bilas wajah dengan air hangat. Ulangi perawatan rumah ini secara teratur.

3. Lidah Buaya dan Jus Lemon

Kandungan lemon dapat membersihkan kulit dan mengencangkan pori-pori, sehingga mencegah mereka tersumbat.

Campurkan perasan lemon dengan gel lidah buaya untuk membuat pasta. Kemudian, gunakan pasta ini pada area kulit yang terinfeksi dan biarkan semalaman.

Jika pasta terlalu lengket, biarkan selama lebih dari 60 menit sebelum mencucinya. Ulangi masker rumahan ini setiap malam sampai jerawat Anda sembuh.

4. Lidah Buaya dan Madu

Madu mengandung antioksidan dan sifat antibakteri. Campuran lidah buaya dan madu berfungsi untuk melembapkan kulit dan mengontrol produksi sebum berlebih.

Selain itu, madu juga mengandung sifat penyembuhan kulit yang diperlukan untuk mengobati masalah kulit termasuk jerawat.

Campur semua bahan untuk membuat pasta halus. Kemudian, oleskan masker wajah ini pada area kulit yang berjerawat. Biarkan selama 20 menit sebelum mencucinya. Ulangi masker rumahan ini tiga kali seminggu.(fid/jpc)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cerahkan Kulit Leher dengan 3 Ramuan Ini


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler