Ladies! Cegah Kanker Payudara Datang Kembali

Jumat, 21 Juli 2017 – 17:09 WIB
Kanker payudara. Foto: AMDC

jpnn.com - KEKHAWATIRAN pasti akan selalu ada dan datang menghantui para mantan pasien kanker payudara.

Tidak sedikit dari mereka yang cemas, kanker payudara yang pernah mereka alami akan muncul kembali.

BACA JUGA: Makanan Ini Bisa Turunkan Risiko Kanker Payudara

Merupakan hal wajar jika mantan pasien kanker payudara mengalami kecemasan seperti itu, karena kekambuhan untuk penyakit kanker payudara memang sangat dimungkinkan.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda yang telah selesai menjalani pengobatan kanker payudara untuk terus melakukan pemeriksaan agar segera mengetahui jika tanda-tanda kekambuhan muncul.

BACA JUGA: Usia Makin Bertambah, Payudara Alami 6 Perubahan ini

Berikut ini beberapa tips yang bisa And lakukan untuk mencegah kanker payudara datang kembali, seperti dilansir laman Prevention:

1. Gerakkan tubuh Anda

Olahraga teratur, setidaknya 2 ½ jam seminggu adalah faktor gaya hidup yang paling penting untuk mencegah kanker payudara Anda datang kembali.

Sayangnya, hanya 13 persen penderita kanker payudara A.S. yang memenuhi tujuan mingguan tersebut.

Mungkin sulit untuk mengumpulkan energi untuk berolahraga setelah mengalami serangan yang melelahkan dengan kanker.

Tapi karena olahraga menurunkan peradangan dan kadar hormon yang terkait dengan kekambuhan, tampaknya ini adalah pertahanan terbaik Anda.

2. Pertahankan berat badan Anda

Menghindari penambahan berat badan dan menerapkan diet sehat selama dan setelah pengobatan kanker payudara mungkin menawarkan beberapa perlindungan.

Wanita yang kelebihan berat badan dan atau obesitas memiliki risiko kekambuhan yang lebih tinggi daripada mereka yang menjaga berat badan yang sehat.

3. Hindari minum terlalu banyak alkohol

Minum secukupnya, yaitu tiga atau empat gelas per minggu mungkin masih masuk akal dan aman. Tapi minum setiap hari harus dihindari.

Sebuah studi tahun 2016 di International Journal of Cancer menemukan survivor kanker payudara yang minum alkohol/wine lebih dari satu gelas per hari adalah 28 persen lebih mungkin mengalami kekambuhan kanker payudara mereka.

4. Minum obat Anda

Dengan rutin minum obat-obatan yang telah diresepkan sangat penting untuk menghindari kekambuhan kanker payudara.

Beberapa penelitian, termasuk makalah tahun 2016 di New England Journal of Medicine telah menunjukkan agen anti-estrogen dan penghambat aromatase bisa mencegah kanker payudara kembali.

Tapi karena efek samping dan faktor lainnya, banyak wanita berhenti minum obat ini.

5. Dapatkan lebih banyak vitamin C dan D

Suplemen vitamin C bisa mengurangi tingkat kematian akibat kanker payudara. Tingkat vitamin D yang rendah juga terkait dengan hasil kanker yang lebih buruk.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler