Ladies... Produk Kecantikan Bisa Picu Menopause Dini lho

Senin, 02 Maret 2015 – 14:38 WIB

jpnn.com - Wanita dan produk kecantikan memang hal yang tak bisa dipisahkan. Namun, wanita tentu harus berhati-hati saat menggunakan produk kecantikan. Pasalnya, bahan kimia dalam produk kecantikan bisa menimbulkan menopause dini.

Penelitian yang dipimpin Dr. Amber Cooper dari departemen obstetri dan ginekologi di Washington University di St Louis menemukan, paparan bahan kimia dapat mendorong menopause awal sebanyak empat tahun.

BACA JUGA: Hati-Hati! Woman on Top Bisa Bikin Mr P Bermasalah

Cooper dan timnya mempelajari 31.575 perempuan yang terdaftar dalam Survei Kesehatan dan Gizi Ujian Nasional yang dilakukan oleh pemerintah. Setiap dua tahun, perempuan disurvei tentang berbagai masalah kesehatan dan gizi, termasuk apakah mereka mulai menopause.

Tiap peserta juga disediakan setidaknya satu sampel darah dan urin. Para ilmuwan menganalisis keberadaan berbagai bahan kimia, termasuk dioksin yang terkandung dalam pestisida, phthalates yang ditemukan dalam plastik, kosmetik dan hair spray.

BACA JUGA: Senam Ibu Hamil: Gerakan Hipnoterapi untuk Mengatur Emosi

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa wanita yang terpapar bahan kimia tersebut rata-rata mengalami menopause lebih awal. Bagaimana mungkin Cooper begitu yakin bahwa paparan itu terkait dengan menopause dini?

Dia dan timnya melakukan analisis lain, termasuk dengan mereka yang lebih dekat dengan menopause, antara usia 45-55 tahun.

BACA JUGA: Wow, Segarnya Minuman Nusantara nan Nano - Nano

"Ini adalah puncak gunung es dan kita perlu melakukan penelitian lebih longitudinal untuk lebih memahami bahan-bahan kimia ini," kata Cooper, seperti dilansir laman Health, Minggu (1/3).

Studi sebelumnya telah menghubungkan bahan kimia tertentu untuk gangguan hormon reproduksi, termasuk estrogen yang kemudian dapat memiliki efek tidak sehat pada jantung dan tulang.

Cooper menyarankan pasiennya untuk menjadi lebih sadar sumber potensi mereka eksposur, termasuk plastik dalam kemasan makanan.

"Tujuan saya tidak menakut-nakuti perempuan, tetapi meningkatkan kesadaran mereka dan mempromosikan penelitian masa depan," tegas Cooper. (fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Senam Ibu Hamil: Gerakan Pilates Bikin Pikiran Tenang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler