Laga Pembuka Dua Seteru Tangguh

Minggu, 08 Agustus 2010 – 02:28 WIB
SETERU - Dua pelatih klub besar yang akan kembali bersaing, Sir Alex Ferguson (kiri) dan Carlo Ancelotti. Foto: Skysports.com.
TIRAI Premier League 2009-2010 baru dibuka pekan depanNamun, Chelsea dan Manchester United sama-sama ingin menunjukkan bahwa mereka-lah yang pantas berada di garda terdepan dalam  perburuan gelar musim ini

BACA JUGA: Pennetta Habisi Unggulan Tiga Besar

Dan meski kompetisi belum bergulir, tapi kesiapan dua raksasa itu bisa dilihat malam nanti
Di mana, keduanya bakal bentrok di ajang Community Shield di Stadion Wembley (siaran langsung Star Sports pukul 21.00 WIB).

Community Shield adalah ajang yang mempertemukan para juara, yakni Premier League versus Piala FA

BACA JUGA: Tetap Buru Pemain, Persib Gelar Seleksi

Berhubung Chelsea memborong dua gelar itu, United selaku runner-up Premier League dipilih sebagai lawan
Pemilihan United boleh dibilang layak karena Setan Merah  - sebutan United - juga berstatus juara Piala Liga atau Piala Carling.

Duel kedua tim di ajang Community Shield tahun ini menarik untuk ditunggu

BACA JUGA: Njanka Perpanjang Kontrak di Arema

Ini jika mengacu statistik tujuh edisi terakhirYakni, salah satu atau keduanya selalu berlaga di ajang yang telah memasuki edisi ke-88 tersebutTahun lalu, Chelsea mengalahkan United via adu penalti 4-1 setelah laga di waktu normal (2x45 menit) berakhir 2-2Sebagai catatan, Community Shield tidak mengenal adanya babak tambahan waktu.

"Kami harus melakukan yang terbaik (di Community Shield, Red) karena United sangat mungkin masih menjadi musuh tangguh kami musim iniSeperti yang terjadi musim lalu," kata pelatih Chelsea Carlo Ancelotti kepada Reuters.

Komentar senada meluncur dari mulut tactician United Sir Alex FergusonDi mata Ferguson, Chelsea masih menjadi rival utama timnya dalam memburu gelar musim ini"Dengan pengalaman yang mereka miliki, Chelsea merupakan ancaman terbesar kamiTidak banyak klub yang bisa memenangi Premier League dan Piala FA dengan cara yang fantastis seperti yang mereka lakukan," terang Ferguson di AFP.

Tapi, berkaca dari parameter di pra musim, Chelsea merupakan kubu yang masih belum puasDari empat laga, The Blues - sebutan Chelsea - kalah tiga kali dan hanya menang sekaliUnited lebih baik dengan memenangi empat dari enam pertandingan pemanasan mereka.

"Kami harus meraih kemenangan karena kami memang banyak mengalami kekalahan di pra musimKami tidak senang menderita kekalahanKarena itu, kami harus kembali menang dan memulai kompetisi baru dengan baik," jelas Ancelotti.

Malam nanti, Chelsea masih turun dengan kekuatan yang relatif sama dengan musim laluPemain pilar yang absen hanya kiper utama Petr Cech yang masih dalam proses pemulihan cedera betisPosisi Cech pun kemungkinan besar akan diisi Henrique Hilario.

:TERKAIT Bomber utama Chelsea Didier Drogba juga belum fit, dan kabarnya akan memulai laga dari benchNamun, top scorer Premier League itu bisa saja membuat kejutan dengan turun starter.

Sekalipun kehilangan Cech dan kondisi Drogba yang belum prima, Chelsea tetap dianggap berbahaya oleh FergusonMusim lalu, Ferguson boleh mengkritik skuad Chelsea yang dihuni mayoritas serdadu tuaNamun, musim ini, pelatih yang akrab disapa Fergie itu jelas tidak akan meremehkan lawan lagiFergie sendiri, tak bisa menurunkan gelandang Michael Carrick yang harus absen dua pekan akibat cedera engkel.

"Prinsip saya adalah jangka panjangItulah yang akan terjadi di Community ShieldKami tidak harus memaksakan turun semua pemain utama karena perhitungan saya mereka rata-rata baru on fire setidaknya pada pekan ketiga kompetisi atau awal bulan depan," analisis Fergie(dns/bas/ito/jpnn)

Perkiraan Pemain

Chelsea (4-3-3): 40-Hilario (g); 19-Ferreira, 2-Ivanovic, 26-Terry (C), 3-A.Cole; 5-Essien, 12-Mikel, 8-Lampard; 21-Kalou, 39-Anelka, 15-Malouda
Pelatih: Carlo Ancelotti
Kostum Tim: Biru-Biru
Kostum Kiper: Hitam-Hitam

Man United (4-4-2): 1-Van der Sar (g); 23-Evans, 12-Smalling, 15-Vidic, 22-O'Shea; 26-Valencia, 24-Fletcher, 11-Giggs (C), 17-Nani; 7-Owen, 10-Rooney
Pelatih: Sir Alex Ferguson
Kostum Tim: Merah-Putih
Kostum Kiper: Kuning-Kuning

Stadion: Wembley, London
Wasit: Andre Marriner

Di Atas Kertas
Dari empat kali bertemu di Community Shield, kedua tim sama kuat dengan dua kali saling mengalahkanManchester United menang adu penalti masing-masing 4-2 pada 1997 dan 3-0 pada 2007Sedangkan Chelsea menang 2-0 pada 2000 lalu adu penalti 4-1 tahun lalu.

Bursa Asian Handicap
Chelsea v Man United    0 : 0

Community Shield 10 Tahun Terakhir
2009    Chelsea         v    Man United     4-1 (pen)   
2008    Man United    v    Portsmouth    3-1 (pen)
2007    Man United    v     Chelsea         3-0 (pen)
2006    Liverpoo l       v     Chelsea         2-1
2005    Chelsea         v     Arsenal          2-1
2004    Arsenal          v     Man United    3-1
2003     Man United   v     Arsenal          4-3 (pen)
2002    Arsenal          v     Liverpol          1-0
2001    Liverpool       v     Man United    2-1
2000    Chelsea        v     Man United    2-0

Klub Tersukses
17 gelar : Man United
15 gelar : Liverpool
12 gelar : Arsenal
9 gelar   : Everton
7 gelar   : Tottenham Hotspur

Data dan Fakta:
1Community Shield merupakan agenda rutin menyambut musim baru Premier League yang mempertemukan jawara Premier League musim lalu versus jawara Piala FADi beberapa negara lain di Eropa, ajang ini lazim dikenal dengan sebutan Piala Super
2Even ini kali pertama diadakan pada 1908 dengan nama Charity ShieldPada 2002, berubah menjadi Community Shield karena muncul skandal aliran dana.
3Even ini selalu digelar di Stadion WembleyTapi, pada 2000-2006 sempat dipindah ke Stadion Millennium di Cardiff, Wales, karena Wembley tengah direnovasi.
4Winger Manchester United Ryan Giggs merupakan pemain tersukses di even ini dengan tujuh kali mengangkat trofi juaraGiggs sekaligus pemain yang paling sering tampil (13 kali).
5Skor terbesar terjadi pada 1911 ketika Manchester United mengalahkan Swindon Town 8-4.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Antusias di Charity Game Kedua


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler