Laga Persib v Mitra Kukar Dijaga Ketat

Polisi Kerahkan 1.236 Personil

Sabtu, 02 Juni 2012 – 15:03 WIB
Suporter Bobotoh. Foto: Ramdhani/Radar Bandung

BANDUNG -Jelang bentrok Persib Bandung  v Mitra Kukar, sore ini, Sabtu (2/6) di Stadion Siliwangi Bandung, polisi mengerahkan  sebanyak 1.236 personil terdiri dari polisi, TNI, dan Satpol PP. Mereka disiagakan di titik rawan kerusuhan laga kandang kali ini. Pengamanan ketat itu sebagai tindak lanjut laga tandang Persib v Persija Jakarta yang menelan korban jiwa.  

Bahkan polisi mengacam tidak akan mengeluarkan rekomendasi laga sepak bola jika supporter bertindak anarkis. Sedangkan sejumlah titik yang bakal dijaga, seperti Patung Bola Jalan Jawa-Merdeka, SPBU Naripan, Alun-alun Bandung, Gedung Merdeka, Tamblong, Cicadas Jalan Ahmad Yani, Cikapayang, dan kawasan Dago.

"Penjagaan ini kami lakukan untuk mencegah terjadinya kerusuhan seperti yang terjadi di Jakarta," ucap Kapolrestabes Bandung Abdul Rakhman Baso saat rapat koordinasi di Mapolrestabes Bandung, seperti diberitakan Radar Bandung (Grup JPNN).

Dia menegaskan, Bandung harus menjadi contoh bagi daerah lain kalau disetiap pertandingan sepak bola tertib dan aman. Namun, ini juga dikembalikan kepada para pendukungnya yang diwajibkan menjaga suasana aman dan kondusif.

"Saya tidak akan merekomendasikan jika terjadi kerusuhan laga hari ini. Bahkan, tidak akan ada lagi pertandingan di Bandung," katanya.

Abdul meminta setiap polsek untuk mengawal supporter dari wilayahnya hingga ke Stadion Siliwangi. "Perlu diketahui kita juga harus siaga terhadap teror seperti ancaman bom, kerusuhan, pelemparan terhadap pemain , perisakan, curanmor, konvoi massa penonton saat bubaran," tandasnya.

Sementara itu, laga lanjutan putaran kedua kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2011-2012, Persib Bandung bercokol di klasemen sementara menempati posisi tujuh dengan raihan 36 poin dari 26 pertandingan. Sedangkan tamunya Mitra Kukar menempati posisi 9 dengan raihan 35 poin dari 25 pertandingan yang telah dijalani.

Kendati Persib Bandung menang dalam laga kandang nanti, tidak akan mengubah posisi klasemen karena yang menempati posisi 6, tim Persiba Balikpapan berhasil meraih 42 poin

Namun jika sebaliknya tim Mitra Kukar yang meraih poin penuh, dengan itu akan naik peringkat ke posisi 8 menggeser tim Pelita Jaya yang meraih poin 35.

Kendati demikian tim tuan rumah Persib Bandung, tetap optimis untuk bisa memenangkan tiap laganya mencapai target yang diharapkan. Target itu menempati posisi empat besar

Dalam laganya kali ini, Pelatih kepala Persib Bandung, Robby Darwis mengaku tidak menyiapkan strategi khusus jelang menghadapi tim Mitra Kukar.

Namun yang dia cemaskan hanya pada posisi lini belakangnya yang masih memiliki masalah. Karena pada pertandingan sebelumnya, lini belakang Persib Bandung merupakan faktor utama yang paling disorot sehingga sering kecolongan khususnya pada menit-menit akhir pertandingan.

Absennya Mohammad Nasuha dan Jajang Sukmara yang mengalami cedera menjadi tolak ukur Robby untuk merotasi para pemainnya sehingga pertahanan pun harus lebih solid.

Ditambahnya kondisi Abanda Herman yang masih diragukan tampil karena masih menjalani terapi pemulihan. "Abanda masih sedikit mengalami masalah dengan cideranya. Tapi mudah-mudahan besok (hari ini, red) bisa tampil," ungkap Robby usai memimpin latihan timnya di Stadion Siliwangi, kemarin (1/6).

Kendati demikian, Robby mengatakan tengah mengantisipasi absennya Abanda dan mengaku sudah menyiapkan beberapa pemain cadangan yang siap untuk dimainkan. "Abanda mungkin masih tetap akan menempati posisinya. Tapi saya tetap siapkan pemain lain seperti Wildansyah," jelas Robby.

Untuk posisi yang menempati lini tengah dan lini depan, Robby pun tidak mengkhawatirkannya. Sebab, para pemain yang akan diturunkannya nanti dinilai sudah siap tempur.

"Harino dan Toni sudah siap. Untuk lini depan, empat striker kita juga sudah siap. Jadi tidak ada masalah berarti di tengah dan depan," tutupnya. Disisi lain, tim Mitra Kukar sendiri tengah mempersiapkan skuadnya dan berharap mencuri poin penuh di kandang tim yang berjuluk Maung Bandung tersebut.

Sebab tim yang berjuluk Naga Mekes tersebut berhasil memenangkan pertandingan pada putaran pertama lalu dengan skor telak 3-0 di Stadion Aji Imbut Tenggarong beberapa waktu  lalu.

Pelatih Kiper Mitra Kukar, Arif Yanto mengatakan,  timnya akan bermain semaksimal mungkin dengan motivasi tinggi guna mencuri poin dari tuan rumah Persib Bandung.

"Kita akan bermain terbuka, kita datang ke Bandung dengan motivasi tinggi," kata Arif usai menjalani uji coba lapang di stadion Siliwangi Bandung, kemarin (1/6).

Arif menegaskan, jika anak asuhnya tidak akan memberikan pengawalan khusus kepada para pemain Persib Bandung yang dinilai memiliki banyak pemain bintang dan pemain yang berlabel Tim Nasional (Timnas).

Ia menyadari jika Persib Bandung saat ini tengah mengalami peningkatan dan belum pernah terkalahkan dalam empat pertandingan sebelumnya. "Tidak ada strategi khusus lawan Persib," tuturnya.

Diketahui, tim Mitra Kukar memiliki rekor tandang yang cukup baik. Dari 12 laga tandang yang telah dijalaninya, tim berjuluk Naga Mekes tersebut berhasil meraih tiga kemenangan, tiga hasil seri dan enam kekalahan.

Dengan itu, pada laga derby tersebut dipastikan kedua tim akan bermain dengan tempo yang tinggi yang masing-masing menginginkan poin penuh.(cr8)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Politik Ciptakan Duel Klasik


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler