Lagi, Brimob di Papua Tewas Ditembak

Selasa, 07 Februari 2012 – 22:22 WIB

JAKARTA - Eskalasi aksi penembakan oleh kelompok tak dikenal di Papua terus meningkat selama sepekan terakhir.  Selasa (7/2) pagi, seorang anggota Brimob, Brigadir Polisi Satu Ronal Sopamena tewas tertembak di saat melakukan patroli di areal pertambangan PT. Freeport Indonesia di
Mimika.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Div Humas Polri Brigjen (pol) M Taufik menjelaskan kronologis peristiwa itu. Awalnya, sejumlah personil Brimob melakukan patroli setelah menerima adanya laporan pergerakan kelompok tak dikenal di kawasan Freeport.  Dalam penyisiran itulah para personel ini mendapatkan serangan.

‘’Peristiwa tersebut mengakibatkan salah satu anggota Brimob atas nama Briptu Ronal Sopamena meninggal dunia pada saat dievakuasi ke rumah sakit terdekat,’’ ujarnya di Mabes Polri Selasa (7/2).

Namun polisi belum berhasil menangkap para pelaku yang langsung melarikan diri setelah beraksi. Sementara korban akan diterbangkan ke Ternate untuk dimakamkan.

‘’Korban luka tembak di bagian kepala. Walaupun memakai helm tetapi tepat di bawah helm. Saat ini korban sudah dievakuasi di unit sana dan besok rerncananya akan diterbangkan ke daerah asalnya,’’ imbuh Taufik.

Aksi ini semakin menambah pannjang daftar korban penembakan di Papua. Sabtu (4/2) sekelompok warga yang tengah mencari umbi-umbian di hutan Wandidog, Papua juga menjadi sasaran penembakan. Akibatnya dua warga tewas.

Sementara Kamis (2/1) lalu empat orang tukang ojek menjadi sasaran penyerangan di Distrik Mulia, Puncak Jaya.  Saat itu empat orang tukang ojek  yakni Anwar, Ropu,  Budi dan Dipentabuni baru saja pulang mengantar penumpang. Dalam perjalanan sekelompok orang bersenjata mencegat mereka.

Tak mau ambil resiko mereka melarikan diri dari sergapan itu. Namun naas bagi Anwar yang tertembak di bagian pundak dan mendapatkan luka bacokan di pipi.

Pekan sebelumnya tepatnya  Sabtu (28/1). seorang anggota Detasemen A Satbrimobda Polda Papua bernama Brigadir Polisi Dua (Bripda) Sukarno tewas ditembak kelompok misterius ini.  Sukarno tewas ditembak di bagian kepala saat melakukan patroli di Desa  Wandenggobak, Distrik Mulia.(zul/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Jabatan Wamen Bukal Hal Baru dalam Sejarah RI


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler