Lagi-Lagi Rupiah Hari Ini Menanjak, Makin Berjaya

Jumat, 03 September 2021 – 17:25 WIB
Analis pasar uang Bank Mandiri Rully Arya mengatakan rupiah hari ini Jumat sore (3/9) ditutup menguat. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Analis pasar uang Bank Mandiri Rully Arya mengatakan rupiah hari ini Jumat sore (3/9) ditutup menguat.

Penguatan rupiah, terjadi seiring pelaku pasar yang menantikan laporan tenaga kerja Amerika Serikat yang akan dirilis malam nanti.

BACA JUGA: Rupiah Hari Ini Terus Mendaki, Masih Berpeluang Menanjak?

Rupiah hari ini ditutup menguat 10 poin atau 0,07 persen ke posisi Rp 14.263 per USD dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp 14.273 per USD.

"Pergerakan rupiah pada pekan ini relatif cukup baik. Sudah empat hari rupiah ditutup di bawah Rp 14.300, baik karena faktor global maupun domestik," ujar Rully di Jakarta, Jumat.

BACA JUGA: Wali Murid di Surabaya Diminta Beli Seragam Sekolah Jutaan Rupiah

Rully menyebut rupiah juga dipengaruhi faktor global, berupa sinyal moneter longgar atau dovish dari bank sentral AS The Fed.

Kemungkinan The Fed akan tetap sampai pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC meeting) pada 21-22 September mendatang.

BACA JUGA: Mantap! Tipis-Tipis Rupiah Hari Ini Menanjak

"Hal ini disertai dengan terus turunnya USD Index dan US Treasuey 10 year yang stabil di bawah 1,3 persen," kata Rully.

Rully menambahkan dari dalam negeri, laju inflasi dinilai masih cukup stabil.

Begitu pula surplus neraca dagang yang masih tinggi dan defisit neraca transaksi berjalan yang juga stabil.

"Selain itu, pasar juga sangat merespons positif Surat Keputusan Bersama atau SKB Jilid III yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia," ujarnya.

Di sisi lain, jumlah kasus harian COVID-19 pada Jumat (3/9) bertambah 8.955 kasus sehingga total jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai 4,11 juta kasus.

Sedangkan jumlah kasus meninggal akibat terpapar COVID-19 mencapai 680 kasus sehingga totalnya mencapai 134.356 kasus.

Sementara itu, jumlah kasus sembuh bertambah sebanyak 21.208 kasus sehingga total pasien sembuh mencapai 3,8 juta kasus. Dengan demikian, total kasus aktif COVID-19 mencapai 176.638 kasus.

Terkait vaksinasi, jumlah masyarakat yang sudah disuntik vaksin dosis pertama mencapai 64,74 juta orang dan vaksin dosis kedua 36,86 juta orang dari target 208 juta orang yang divaksin.

Rupiah pada pagi hari dibuka menguat ke posisi Rp 14.270 per USD. Sepanjang hari rupiah bergerak di kisaran Rp 14.256 per USD hingga Rp 14.270 per USD. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler