Lagi, Satgas Amankan Senpi Masyarakat

Senin, 10 April 2017 – 10:49 WIB
Satgas TNI dipimpin Letkol (Inf) Yuswanto berhasil menggalang senjata laras panjang rakitan berbagai kaliber dari tangan masyarakat di Desa Dumdum Kecamatan Kao, Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara. FOTO: Malut Post/JPNN.com

jpnn.com, TERNATE - Upaya aparat TNI untuk mencegah masuknya teroris di Maluku Utara serta menjaga agar situasi selalu aman terus dilakukan. Salah satunya adalah menarik puluhan senjata api yang masih dimiliki oleh masyarakat.

Setelah beberapa hari yang lalu Satgas Yonif 726 Tamalatea berhasil mengamankan senjata berat SMB Browning cal 50 mm, kini jajaran Satgas yang dipimpin Letkol (Inf) Yuswanto kembali berhasil menggalang senjata laras panjang rakitan berbagai kaliber dari tangan masyarakat di Desa Dumdum Kecamatan Kao, Kabupaten Halmahera Utara (Halut).

BACA JUGA: Prajurit TNI AU Tidak Cukup Hanya Pintar, tapi Kesatria

Senjata ini diamankan oleh Serda Alifwansyah dan Prada Melkias yang merupakan anggota Pos 3 SSK IV Kao.

Proses penggalangam senjata memang cukup panjang, mulai dari pendekatan serta memberikan berbagai pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya dan ancaman hukuman bagi yang menguasai senjata secara ilegal. Hingga akhirnya dengan sukarela tiga pucuk senjata rakitan tersebut diserahkan kepada dua prajurit TNI ini.

BACA JUGA: TNI AU Pamer Kekuatan, Gatot: Belum Semua Diperlihatkan

Di tempat terpisah, Danrem 152Babullah Kolonel (Inf) Sachono selaku Komandan Pelaksana Operasi (Dankolakops) mengatakan penggalangan senjata yang masih beredar di kalangan masyarakat merupakan salah satu prioritas dalam menciptakan situasi keamanan di wilayah Malut. Untuk itu, penggalangan senantiasa dilaksanakan baik oleh satuan organik maupun Satgas.

Dia juga menghimbau agar yang masih memiliki senjata api, agar menyerahkan kepada aparat. Dalam kesempatan ini, Sachono mengimbau kepada masyarakat yang hingga saat ini masih memiliki senjata organik maupun rakitan agar dapat menyerahkan kepada aparat TNI terdekat.

BACA JUGA: Selamat Ultah ke-71, Swa Bhuwana Paksa....

“Tidak perlu takut karena kami akan merahasiakan identitas serta tidak akan memproses secara hukum,” tambah Danrem.(mg-03/jfr)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 132 Pesawat dan 1600 Personel Terlibat dalam HUT TNI AU


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Senpi   Senjata Ilegal   TNI  

Terpopuler