Lagi, Turis Terseret Arus

ABG Asal Cikoneng Sempat Pingsan

Kamis, 23 Agustus 2012 – 09:06 WIB
PANGANDARAN – Kecelakaan laut kembali terjadi di kawasan Pantai Barat Pangandaran, Ciamis kemarin (22/8). Petugas Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) menolong empat wisatawan. Satu orang terpaksa dievakuasi ke Puskesmas Pangandaran setelah sempat pingsan.

Kooordinator Lapangan Balawista Liano menuturkan empat wisatawan yang terseret arus semua korban terseret arus terjadi  di kawasan zona berbahaya. “Mereka terbawa arus bawah laut ke tengah laut sehingga panik dan tenggelam,” tuturnya kemarin.

Pria yang akrab dipanggil Ano itu menjelaskan keempat korban diantaranya Ijang (24) warga Sidareja Jawa Tengah, Ijal (26), Hadi (18) dan Ade (31) warga Bandung serta Tiyas Anisa Gani (14) warga Cikoneng, Ciamis. “Semua korban berhasil terselamtkan. Hanya saja, korban bernama Tiyas terpaksa kami bawa ke puskesmas karena pingsan akibat kelelahan dan panik,” ujarnya.

Ano menuturkan, penurunan tingkat kecelakaan  dibandingkan dua hari sebelumnya, tidak terpelas dari tindakan preventif petugas. Mereka senantiasa mengimbau wisatawan tidak berenang di zona berbahaya.

“Jumlah wisatawan hari ini (kemarin) justru lebih banyak dibanding dua hari sebelumnya, karena itu kami lebih meningkatkan kewaspadaan, meskipun jumlah anggota kami terbatas,” tuturnya.

Seperti liburan-liburan sebelumnya, kata Ano, Balawista mengerahkan seluruh personelnya melakukan penjagaaan. Pihaknya juga mendapatkan bantuan tenaga dari para relawan. “Jumlah anggota kami 30 orang ditambah relawan,” tuturnya.

Seperti diberitakan Radar Tasikmalaya (Grup JPNN) dalam Laut Selatan Seret Puluhan Turis, sejak H+1 Lebaran hingga Selasa (21/8), sebanyak 21 turis lokal terseret arus laut Pangandaran dan bisa diselamatkan petugas Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista). 

Ketua Balawista Dodo Taryana berharap wisatawan yang beraktivitas di pantai selalu berhati-hati dan mematuhi setiap imbauan petugas Balawista. “Jangan memberanikan diri berenang jauh ke tengah. Patuhi setiap rambu dan imbauan petugas dan gunakan alat bantu berenang seperti ban dan papan selancar,” sarannya. (nay)
BACA ARTIKEL LAINNYA... PNS Nakal Bakal Diekspos di Media

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler