Lahan Sawah Terdampak Banjir, Petani Tuban Dapat Ganti Rugi

Selasa, 19 Maret 2019 – 07:09 WIB
Petani di sawah. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, TUBAN - Petani di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, kini bisa bernapas lega. Pasalnya, lahan persawahan yang terdampak banjir di beberapa hari lalu akan diganti rugi lewat asuransi pertanian.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Tuban telah mendata luasan lahan persawahan yang terdampak banjir.

BACA JUGA: Petani Tolak Politisasi Sektor Pangan

Lahan sawah terdampak banjir yang ada tanamannya akan mendapat ganti rugi premi dari pihak asuransi.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Tuban Murtadji mengatakan, petani akan mendapat premi dari kerugian akibat banjir.

BACA JUGA: Petani Rasakan Manfaat Besar Infrastruktur Perairan Buatan Kementan

"Jadi, para petani akan mendapat ganti rugi dari asuransi dalam hal ini pihak Jasindo. Per hektare lahan sawah nilainya Rp 6 juta. Itu bagi yang sawahnya terdampak banjir," ujar Murtadji, Minggu (17/3).

Murtadji menjelaskan, saat ini jumlah luas lahan terdampak banjir yang sudah terdata yaitu 145,38 hektare.

BACA JUGA: Kementan Serap Aspirasi: Produksi dan Pendapatan Petani Meningkat

Untuk jumlah total kerugian secara keseluruhan tinggal dikalikan, yakni 145 hektare dikalikan Rp 6 juta. Hasilnya sekitar Rp 870 juta.

Luas lahan terdampak itu berada di Kecamatan Plumpang, Widang, Tambakboyo, Jenu, Palang dan Rengel.

Namun, masih ada sisa lahan yang masih dalam proses hitung, yaitu di Kecamatan Rengel dan Kecamatan Soko.

"Masih ada yang dilakukan proses hitung untuk sawah terdampak, yaitu di Kecamatan Rengek dan Soko. Per hektar dapat ganti Rp 6 juta," pungkasnya.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan Sarwo Edhy menjelaskan, pemerintah akan memberikan bantuan bagi para petani yang sawahnya terdampak banjir.

Bantuan itu terbagi menjadi dua kategori, yakni sawah dengan asuransi tani dan sawah tanpa asuransi tani.

“Bagi petani yang sawahnya memiliki asuransi tani, pemerintah akan memberikan kompensasi senilai Rp 6 juta per hektare. Untuk petani yang sawahnya tidak memiliki asuransi tani hanya akan diusulkan pemberian bibit gratis,” ujar Sarwo Edhy.

Dia menjelaskan, kalkulasi kompensasi asuransi itu sudah diperhitungkan dan diperkirakan cukup bagi petani untuk melakukan budi daya lahannya, mulai pengolahan lahan, membeli benih, dan juga pupuk.

"Mengingat cuaca yang tidak menentu, kami terus dorong petani mengasuransikan lahannya sebelum tanam. Ini agar lebih aman dan nyaman dalam usaha taninya," kata Sarwo Edhy.

Dia menjelaskan, banjir yang menerjang lahan persawahan di wilayah Jawa Timur belum mengganggu aktivitas pertanian. Sejumlah daerah melaporkan sudah mulai panen.

Menurutnya, kategori banjir yang meredam areal persawahan dapat dikatakan mengganggu tergantung dari umur tanaman yang terdampak serta tinggi genangan.

"Itulah pentingnya mekanisasi pertanian. Kita harus siap selalu pompa air apabila terjadi banjir atau kekeringan," ujar Sarwo Edhy. (adv/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Infrastruktur Perairan Buatan Kementan Tingkatkan Indeks Pertanaman


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Kementan  

Terpopuler