Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono jadi Warga Kehormatan Keraton Sumenep

Minggu, 03 Juli 2022 – 20:39 WIB
Wakil Kepala Staf TNI AL, Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono (tengah), dalam prosesi pengangkatan sebagai warga kehormatan Keraton Sumenep, di Pangkalan Udara TNI AL Juanda, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (3/7/2022). ANTARA/HO-Dinas Penerangan TNI AL

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi H Purwono diangkat sebagai warga kehormatan keluarga besar dan sesepuh Keraton Sumenep dan bergelar Witjaksono Noto Segoro, oleh Kesultanan Karaton Sumenep Madura melaui prosesi adat di Base Ops Lanudal, Juanda, Jawa Timur, Minggu (3/7). 

Dalam prosesi itu, sesepuh dari Kesultanan Karaton Sumenep Ir Raden Panji Much Muchtar Atmokusumo menyerahkan piagam warga kehormatan, kemudian dirangkai dengan pemasangan odheng (ikat kepala khas Madura) dan selendang, maupun pin sebagai pengikat lahir batin kepada Ahmadi Heri Purwono. 

BACA JUGA: Masyarakat Adat Papua Datangi Markas TNI AL, Langsung Bertemu Panglima Komando

Ir Raden Panji Much Muchtar Atmakusumo juga memberikan keris pusaka dan lambang Kesultanan Sumenep kepada Wakasal.

"Ini menjadi kebanggaan bagi saya pribadi dan keluarga, serta tentunya bagi TNI AL,” kata Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono dalam siaran pers, Minggu (3/7).

BACA JUGA: Kepada Calon Perwira TNI AL, Ibu Taruna: Jangan Hedonis

Alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) 1988 itu mengatakan Kabupaten Sumenep merupakan wilayah yang ada di pesisir Pulau Madura. 

“Sehingga tentu memiliki semangat kemaritiman yang sama dengan TNI AL,” kata Laksamana Madya TNI Ahmadi H Purwono. 

BACA JUGA: Dr Salim dan Letjen TNI (Purn) Bibit Waluyo, Dua Sahabat Lama yang Berkomitmen Menjaga NKRI

Beberapa waktu lalu, Kesultanan Keraton Sumenep juga telah menganugerahkan gelar Djojo Noto Segoro kepada Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Yudo Margono. 

TNI AL memandang Kabupaten Sumenep memiliki posisi dan potensi yang strategis, yang secara geografis ada di bagian timur Pulau Madura dan dikelilingi perairan Laut Jawa dan Selat Madura.  

Oleh karena itu, TNI AL saat ini tengah merencanakan pemindahan Pangkalan TNI AL dari Batu Poron di Kabupaten Bangkalan ke Kabupaten Sumenep. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler