Lakukan Ramp Check Secara Ketat, Kemenhub Pastikan Mudik Gratis dengan Kapal Laut Aman

Selasa, 14 Mei 2019 – 14:40 WIB
Mudik gratis dengan menggunakan kapal. Foto dok Pelindo III

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus melakukan upaya-upaya teknis agar proses arus mudik Idul Fitri 2019 berjalan lancar dan aman. Salah satunya menyiapkan moda transportasi laut secara gratis untuk mudik lebaran 2019.

Kemenhub juga memastikan moda transportasi yang akan digunakan untuk mudik gratis itu aman, karena sudah dilakukan ramp check secara berkala dan menyeluruh.

BACA JUGA: Buruan Daftar ! Kuota Bus Mudik Gratis Hampir Habis

Dirjen Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo mengatakan, proses mudik gratis menggunakan kapal mendapat respons positif dari masyarakat. Awalnya, Ditjen Hubla menyiapkan dua Voyage untuk arus mudik dan dua Voyage untuk arus balik, kini harus menambah satu lagi Voyage untuk arus mudik dan satu Voyage untuk balik.

"Untuk arus balik telah dimulai pendaftaran pada tanggal 8 April 2019 lalu dan mendapat perhatian besar dari masyarakat, sehingga per tanggal 3 Mei 2019 mudik gratis sudah memenuhi kuota. Untuk itu Ditjen Hubla kembali membuka 1 Voyage untuk arus mudik dan 1 Voyage untuk arus balik yang telah dimulai pendaftarannya pada tanggal 7 Mei 2019," kata Agus dalam keterangan persnya, belum lama ini.

BACA JUGA: Pupuk Indonesia Grup Sediakan 5.500 Kuota Mudik Bareng BUMN

Diungkapkan Agus, untuk proses keberangkatan arus mudik dilakukan pada 30 Mei, 1 Juni dan 3 Juni 2019. Untuk jadwal keberangkatan arus balik yaitu pada 8 Juni, 10 Juni dan 12 Juni 2019. Ini disiapkan untuk para pemudik dengan kendaraan sepeda motor.

"Calon penumpang dan kendaraan roda dua (sepeda motor) kembali melakukan verifikasi dan selanjutnya diberikan kartu sesuai verifikasi. Penumpang mengikuti jalur sesuai keberengkatan dan kendaraan roda dua (Motor) diarahkan petugas melalui pintu khusus kendaraan," paparnya.

BACA JUGA: Menurut Pengamat, Harga Tiket Pesawat Bukan Urusan Menhub

Untuk rute, Dirjen Hubla mengatakan bagi masyarakat yang menggunakan sepeda motor akan diberangkat dari menggunakan kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta ke Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. "Sebanyak 3 Voyage dan begitu juga sebaliknya arus balik dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang ke Tanjung Priok, Jakarta," terangnya.

Dalam satu Voyage Agus mengatakan bahwa untuk pulang pergi berjumlah 4.000 orang dan kendaraan roda dua (sepeda motor) berjumlah 2.000 unit, dengan total keseluruhan 3 Voyage berjumlah 12.000 penumpang dan 6.000 unit kendaran roda dua (sepeda motor). "Di dalam kapal para penumpang juga akan dimanjakan dengan berbagai macam fasilitas, seperti hiburan karaoke dan mendapat makan untuk buka puasa dan makan untuk sahur," ungkapnya.

Mudik Gratis Kapal Ro-Ro

Tidak hanya menggunakan kapal laut, Kemenhub juga melakukan program mudik gratis dengan menggunakan kapal ro-ro yang akan diberangkatkan serentak pada H-4, Sabtu, 1 Juni 2019. Sementara baliknya, akan diberangkatkan pada H+2, Sabtu, 8 Juni 2019, serentak, dari Semarang, Surabaya dan Lampung.

Kemenhub memastikan armada yang digunakan untuk mudik gratis sudah melalui proses ramp check sesuai prosedur. Dijelaskan Dirjen Hubla bahwa pihaknya selama menjelang angkutan Lebaran melaksanakan Ramp Check atau Uji Petik Kelaiklautan kapal secara acak di 16 pelabuhan, dan direncanakan akan rampung pada saat pembentukan posko angkutan laut lebaran 2019.

Pelaksanaan Uji Petik Kelaiklautan kapal dilakukan secara acak di 16 pelabuhan, antara lain di Pelabuhan Batam, Pelabuhan Tanjung Buton, Ternate, Kendari, Nunukan, Pare-pare, Tual, Jayapura, Palembang, Tanjung Priok, Tanjung Perak, Tanjung Emas, Pelabuhan Merak, Sampit, Tanjung Balai Karimun dan Muara Angke.

"Ditjen Hubla juga telah mengeluarkan instruksi bagi setiap UPT melaksanakan uji petik kelaiklautan kapal di seluruh pelabuhan khususnya di 51 pelabuhan pantau yang melayani angkutan laut lebaran tahun 2019," ujarnya.

Beberapa komponen menjadi penilaian salama proses ramp check, Tim Uji Petik Kelaiklautan Kapal memeriksa semua aspek keselamatan yang ada di kapal, kondisi perlengkapan navigasi, permesinan dan kesiapan kru kapal dalam mengoperasikan kapal.

"Kapal-kapal yang telah melalui Uji Petik di semua pelabuhan untuk melayani Angkutan Lebaran 2019 telah terdaftar. Dan kapal-kapal yang belum melalui Uji Petik diarahkan agar melengkapi semua persyaratan laiklaut," ujarnya.

Jadi untuk masyarakat yang sudah terdaftar dalam mudik gratis Kemenhub tidak perlu khawatir, karena semuanya sudah terpenuhi aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan bagi para penumpang moda transpotasi laut.

"Kami lakukan ramp check untuk semua kapal yang melayani angkutan lebaran 2019 mulai dari 11 April sampai 17 Mei di UPT Ditjen Hubla di seluruh Indonesia," demikian kata Dirjen Hubla.(ADV)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pelindo III Siapkan 30 Ribu Tiket Mudik Gratis, Silakan Daftar


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler