Lalulintas Sepi, Kebut Perbaikan Jalan

Senin, 05 Agustus 2013 – 03:14 WIB

jpnn.com - BANYAKNYA warga yang mudik ke kampung halaman menjadikan Jakarta  berangsur-angsur sepi. Nah suasana sepi inilah justru dimanfaatkan oleh Pemkot Jakarta Timur untuk memperbaiki jalan dan trotoar yang rusak. Perbaikan tersebut sebagai upaya mempercantik serta mempertahankan kota yang meraih  Piala Adipura pada tahun ini.

 

Kasi Pemeliharaan Jalan Sudin PU Jalan Jakarta Timur, Ahmad Yazied Bustomi, mengatakan, sesbenarnya pembangunan trotoar jatuh tempo pada anggaran tahun 2014. Namun pada kenyataannya sejumlah trotoar hancur sebelum waktunya. ”Memang ada sejumlah faktor  yang mempercepat kerusakan, bisa dari genangan air, salah peruntukan seperti digunakan PKL (pedagang kaki lima), atau sering dilintasi motor ketika macet,” pungkas Yazied.
Dengan misi memelihara keindahan kota, sudah menjadi kewajibannya untuk memperbaiki trotoar  yang  hancur itu. Dikatakan,
sejumlah trotoar yang rusak terdapat di sepanjang jalur padat  Jalan Otista Raya dan Jalan Dewi Sartika. ”Tapi bukan seluruh trotoar kami perbaiki. Kami sifatnya kondisional di bagian-bagian yang rusak saja kami perbaiki,” paparnya.

BACA JUGA: Jokowi Punya PR Beri Sanksi Perusahaan Tak Bayar THR

Menurutnya, suasana sepi menjelang lebaran sangat  mendukung pekerjaan pemeliharaan tersebut. Tidak seperti  biasanya, perbaikan terutama di siang hari selalu mengundang efek samping kemacetan jalan. Apalagi perbaikan tersebut dilakukan di jalur-jalur ramai.

BACA JUGA: Sudah 47 Bus di Pulogadung Tak Laik untuk Mudik

Pekerjaan bisa menjadi lama karena perhatian pekerja tersita untuk mengatur lalu-lintas. Sedangkan gerakan perlu berhati-hati. ”Kalau sepi-sepi begini enak kerjaan kita  plong,” pungkasnya.

Dikatakan, pihaknya kini lagi ngebut memperbaiki jalan-jalan yang menuju perumahan. Jalan-jalan tersebut dilapis aspal hot mix. Target jalan yang diperbaiki antaralain di Kecamatan Cakung Jalan Lapangan PIK dan Jalan Pergunas Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cipayung di Jalan Wadas 1 Kelurahan Ceger dan Jalan H. Muchtar Kelurahan Cilangkap.

BACA JUGA: Pemkot Tangsel Izinkan Mobil Dinas Dibawa Mudik

Di Kecamatan Ciracas diperbaiki Jalan Supriyadi Kelurahan Kampung Rambutan. Kecamatan Duren Sawit di Jalan Missing Ling I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Pondok Kopi. Kecamatan Jatinegara di Jalan Prumpung Sawah dan Jalan Otitsta 3 Kelurahan Cipinang Besar Utara. Kecamatan Kramat Jati di Jalan Rantai Kuningan Kelurahan Tengah. Kecamatan Makasar di Jalan Mustang, Jalan Squadron, Jalan Al Batros, Jalan Antonov, dan Jalan Hecules di Kelurahan Halim. Sedangkan di Kecamatan Pasar Rebo diperbaiki Jalan Batas 3, Kecamatan Kalisari. (dni)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gelar Diskon Belanja Tengah Malam


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler