Lambat Panas, Belanda Nyaris Gagal Kalahkan Senegal

Selasa, 22 November 2022 – 03:45 WIB
Selebrasi Frenkie de Jong (kiri) dan Cody Gakpo (kanan) di laga Belanda melawan Senegal pada matchday pertama babak fase Grup A Piala Dunia 2022. Foto: Twitter/@FIFAWorldCup

jpnn.com, DOHA - Belanda mengamankan poin penuh saat berhadapan melawan Senegal dalam laga perdananya di Piala Dunia 2022.

Berlaga di Al Thumama, Senin (21/11) malam WIB, tim berjuluk Oranje itu menang dengan skor 2-0 atas jawara benua Afrika.

BACA JUGA: Link Live Streaming Senegal vs Belanda: Duel 2 Tim Pincang

Gol kemenangan juara EURO 1988 itu dicetak Cody Gakpo di menit ke-84' dan Davy Klaassen pada masa tambahan waktu.

Pada laga ini, skor 0-0 menghiasi babak pertama mengingat kedua tim tidak mampu mencetak gol.

BACA JUGA: Kapal Berbendera Belanda Dilaporkan Hilang Kontak di Perairan Sorong Papua Barat

Masuk ke babak kedua, masing-masing tim mulai meningkatkan intensitas permainan untuk memburu gol pembuka di laga ini.

Terbukti beberapa peluang emas tercipta untuk masing-masing tim di laga ini. Sayang belum ada satu pun yang berbuah gol.

BACA JUGA: Piala Dunia 2022: Begini Cara Belanda Menghormati Pekerja Imigran

Gol pembuka di laga ini baru tercipta pada menit ke-84' melalui Cody Gakpo. 

Pemain asal klub PSV Eindhoven itu merobek jala gawang Senegal yang dikawal oleh Edouard Mendy seusai menerima umpan manis Frenkie de Jong.

Ini menjadi gol perdana pemain kelahiran 7 Mei 1999 itu bersama Timnas Belanda pada keikutsertaan di ajang pesta akbar sepak bola dunia tersebut.

Tim asuhan Louis van Gaal bisa memperlebar jarak menjadi 2-0 di laga ini melalui Davy Klaassen pada menit ke-90+9' lewat skema serangan balik.

Skor 2-0 untuk keunggulan Belanda atas Senegal bertahan hingga wasit Wilton Sampaio meniup peluit panjang.

Dengan hasil ini, Belanda menempel ketat Ekuador yang untuk sementara berada di puncak klasemen di Grup A dengan raihan nilai tiga angka.

Adapun untuk Senegal, kekalahan dari Belanda membuat anak asuhan Aliou Cisse sama dengan tuan rumah, Qatar yang belum mengoleksi satu pun poin.(fifa/mcr16/jpnn)

Susunan pemain Senegal vs Belanda

Senegal (4-3-3): Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Pape Cisse, Abdou Diallo/Ismail Jakobs (62); Chekhou Kouyate/Pepe Alassane Gueye (74), Idrissa Gueye, Nampalys Mendy; Krepin Diatta/Nicolas Jackson (74), Boulaye Dia/Ahmadou Bamba Dieng (69), Ismaila Sarr

Pelatih: Aliou Cisse

Belanda (3-4-1-2): Andries Noppert; Matthijs De Ligt, Virgil van Dijk, Nathan Ake; Denzel Dumfries, Steven Berghuis/Teun Koopmeiners (79), Frenkie de Jong, Daley Blind; Cody Gakpo/Marten De Roon (90); Vincent Janssen/Memphis Depay (62), Steven Bergwijn/Davy Klaassen (79)

Pelatih: Louis van Gaal


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler