Langkah Nyata Astra Honda Motor Menjaga Kelestarian Bekantan Kalimantan

Rabu, 07 Agustus 2024 – 08:28 WIB
Dr Amalia Rezeki - founder Sahabat Bekantan Indonesia saat proses penanaman mangrove rambai di Stasiun Riset Bekantan, Pulau Curiak, Kalsel. Foto: ridho

jpnn.com, BANJARMASIN - PT. Astra Honda Motor (AHM) bersama jaringannya di seluruh tanah air, secara konsisten menggulirkan program pelestarian ragam hayati dalam mendukung tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia.

Melalui “ESG Mission, Engaging for The Future", AHM bekerja sama dengan main dealer Honda wilayah Kalimantan Selatan, PT. Trio Motor untuk mengajak masyarakat dalam penanaman puluhan pohon mangrove rambai di wilayah Stasiun Riset Bekantan, Kalimantan Selatan.

BACA JUGA: Pertamina EP Sangasanga Field Dukung Kemandirian Pokdarwis Lestarikan Bekantan

Kegiatan "ESG Mission, Engaging for The Future” yang berlangsung di Pulau Curiak itu melengkapi 1.750 pohon yang telah ditanam Yayasan AHM sejak 2017.

Penanaman mangrove itu sebagai salah satu langkah untuk berkontribusi menyerap karbon dan memperbaiki ekosistem lahan basah, sehingga dapat mendukung kehidupan satwa Bekantan asli Kalimantan dan kehidupan manusia secara berkelanjutan.

BACA JUGA: Ikhtiar Astra Honda Motor Memperkuat Budaya Keselamatan Berkendera

Selain itu, Yayasan AHM juga telah membangun titian jalan sepanjang 25 meter dan satu buah tempat singgah, yang digunakan sebagai sarana edukasi dan pengembangan Stasiun Riset Bekantan bekerja sama dengan Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia.

"Kegiatan ini tentu menjadi sarana untuk membangun mata rantai kepedulian masyarakat dalam pelestarian ragam hayati, khususnya satwa Bekantan yang merupakan primata endemik dilindungi. Kolaborasi bersama Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) menjadi dorongan kuat untuk kami terus menjaga ragam hayati di Pulau Curiak yang menjadi role model pengelolaan populasi Bekantan dan habitat alami," jelas Ketua Sahabat Bekantan Indonesia Amalia Rezeki, di Banjarmasin, Selasa (6/8).

BACA JUGA: Astra Honda Motor Best Student 2023 Melahirkan 2 Karya Terbaik dari Siswa SMA

ESG Mission, Engaging for The Future merupakan program AHM dan jaringannya yang mengajak masyarakat merasakan produk dan layanan sepeda motor listrik Honda, serta berbagai program sustainability Astra Honda di seluruh Indonesia.

Pada kegiatan dalam bidang lingkungan, selain penanaman pohon mangrove, AHM dan main dealer motor Honda seluruh Indonesia juga mengajak masyarakat terlibat secara aktif pada beragam kegiatan, seperti giat bersih pantai dan kegiatan edukasi pengelolaan limbah sampah rumah tangga.

Komitmen Pelestarian Lingkungan

Pada tahun ini, Yayasan AHM telah menanam 20.000 mangrove di Kawasan Ekonomi Esensial (KEE) Teluk Pangpang Banyuwangi, Jawa Timur pada Selasa (11/06).

Kegiatan yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia itu bagian dari konsistensi dan komitmen Yayasan AHM dalam upaya mitigasi perubahan iklim dan pelestarian lingkungan.

Sejak 2015, Yayasan AHM dan AHM telah menanam sekitar 23.550 pohon dari berbagai jenis mangrove yang tersebar di berbagai wilayah.

Puluhan ribu pohon yang ditanam tersebut diharapkan dapat berkontribusi menyerap karbon, sehingga memberikan udara bersih bagi seluruh makhluk hidup.

Selain berdampak pada pelestarian lingkungan, buah dari pohon mangrove dari jenis Sonneratia alba, Sonneratia Caseolaris, dan Bruguiera Gymnorrhiza pun dapat dimanfaatkan untuk menjadi kreasi panganan lokal sebagai salah satu pendapatan masyarakat seperti dodol, keripik dan sirup.

Selain itu, keberadaan mangrove mampu meningkatkan penghasilan masyarakat di sektor pariwisata, dan menambah pendapatan nelayan di sekitar kawasan hutan mangrove tersebut.

Pada tahun ini, Yayasan AHM telah mengajak sekitar 230 orang relawan dari puluhan komunitas pecinta lingkungan seperti Ecovillage Sarabar, Sahabat Mangrove Ranger, Sahabat Bekantan dari berbagai provinsi Jawa Barat, Provinsi Bali hingga Provinsi Kalimantan Selatan. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Para Kolektor Merapat, Hot Wheels & Honda Rilis Diecast Civic EG, Diproduksi Terbatas


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler