Langkah Pertamina Jamin Stok dan Distribusi Elpiji

Kamis, 09 Mei 2019 – 12:36 WIB
Penyaluran Elpiji 3 Kg. Foto dok humas Pertamina

jpnn.com, SURABAYA - Pertamina Marketing Operation Regional (MOR) V memastikan stok dan distribusi elpiji di Jawa Timur selama Ramadan dan Idulfitri bakal aman.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR V Rustam Aji mengungkapkan, pihaknya telah mengantisipasi kebutuhan energi dan menjamin ketersediaan elpiji di masyarakat.

BACA JUGA: 8 SPBU di Jalur Tol Surabaya - Ngawi Bakal Nyamankan Pemudik

Pertamina memprediksi konsumsi per bulan mencapai 105,3 ribu metrik ton (mt) untuk elpiji bersubsidi dan 6,8 ribu mt untuk nonsubsidi pada Mei–Juni 2019.

Hal itu setara dengan kenaikan 7-9 persen dibandingkan bulan lainnya. Pada kondisi normal, konsumsi di Jawa Timur tercatat 97 ribu mt elpiji subsidi dan 6,35 ribu mt nonsubsidi.

BACA JUGA: Pertamina MOR V Siagakan Satgas LPG Sejak Hari Pertama Puasa

’’Ketika mayoritas orang berpuasa dengan mengurangi makan, tetapi ternyata konsumsi elpiji bertambah,” ujar Rustam, Rabu (8/5).

Kenaikan kebutuhan elpiji berbeda pada tiap daerah di Jawa Timur. Untuk itu, Pertamina MOR V akan memetakan kabupaten dan kota yang memiliki potensi kenaikan maupun penurunan kebutuhan elpiji.

BACA JUGA: Begini Kesiapan Pertamina Amankan Stok LPG Selama Ramadan 2019

Beberapa daerah tujuan mudik salah satunya. Rustam menyebutkan, konsumsi elpiji daerah tujuan mudik meningkat hingga 11 persen ketika Lebaran. Padahal, kebutuhan elpiji sebelumnya tidak meningkat.

’’Surabaya ketika Ramadan kebutuhannya naik, tetapi sewaktu Lebaran malah turun karena banyak yang mudik. Berbeda dengan tujuan mudik seperti Malang dan Madura,” ucapnya.

Pertamina juga akan mengoptimalkan stok di enam depot dan kilang elpiji di Jawa Timur yang memiliki kapasitas total 119 ribu mt.

Stok tersebut termasuk dari floating storage offloading (FSO) terbesar yang ada di Kalbut, Situbondo. FSO ini memiliki kapasitas 2 x 44 ribu mt.

Pihaknya juga akan menjaga keandalan stasiun pengisian bulk elpiji (SPBE) dan sarana mobil tangki elpiji.

Untuk menjaga kelancaran distribusi elpiji, Pertamina MOR V telah membentuk Satuan Tugas Ramadan dan Idulfitri (Satgas RAFI) yang bertugas pada bulan puasa hingga H+15.

Selain itu, Pertamina telah berkoordinasi dengan penyalur elpiji untuk antisipasi kenaikan kebutuhan.

Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menjaga kestabilan harga. (ell/c17/oki)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kepatuhan Pertamina Dalam Menyerap Minyak Domestik Layak Diacungi Jempol


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler