Lanjutkan Pencarian, Tim Gabungan TNI-Polri Utamakan Keselamatan Pilot Susi Air

Kamis, 16 Februari 2023 – 13:38 WIB
Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring bersama tim gabungan saat melakukan pencarian pilot Susi Air. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pascakeberhasilan mengevakuasi 33 orang masyarakat Paro ke Kenyam, Kab. Nduga pada Sabtu 11 Februari 2023, Tim Gabungan TNI-Polri kini fokus melakukan penyelamatan pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens, warga negara Selandia Baru di wilayah Nduga dan sekitarnya, Selasa (14/2/). 

"Upaya-upaya pencarian pilot Susi Air terus dilakukan, hari ini Tim Gabungan TNI Polri melakukan pencarian menggunakan pesawat TNI AU dan Polri," kata Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring atau yang sering dipanggil Bang Jo dalam pernyataan yang diterima wartawan, Rabu (15/2).

BACA JUGA: Tim Gabungan TNI Polri Tangkap Terduga Anggota KKB Seusai Baku Tembak

Dia menyebutkan untuk mengoptimalkan pencarian, Tim Gabungan TNI-Polri bergabung dengan Satgas Damai Cartenz.

Selain itu, aparat TNI-Polri terus berkoordinasi dengan para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan pihak pemerintah daerah dalam pencarian tersebut. 

BACA JUGA: Tim Gabungan TNI-Polri Bergerak, Lihat Hasilnya

"Tim Gabungan TNI-Polri telah menyiapkan tim evakuasi apabila sewaktu-waktu diketahui keberadaan pilot tersebut," lanjutnya.

Lebih lanjut, Brigjen TNI Jo Sembiring mengatakan bahwa pihaknya bersama Pangdam XVII/Cenderawasih, Kapolda Papua, Pangkoopsud III berada di Mimika memimpin langsung proses pencarian dan evakuasi.

"Saat ini kami berada di Mimika bergabung memimpin dan bersama-sama dengan para Prajurit TNI-Polri," ungkap Brigjen TNI JO Sembiring. 

Dia menyebutkan hal dilakukan agar upaya pencarian terus berjalan secara optimal dan mengedepankan keselamatan pilot Susi Air.

Selain itu, aparat gabungan juga tengah membantu warga yang mulai mengungsi lantaran takut.

"Saat ini TNI-Polri juga menangani warga Distrik Paro yang eskodus karena merasa ketakutan. Termasuk atas permintaan Bupati Nduga untuk membantu evakuasi," terang Brigjen TNI JO Sembiring. 

Hingga saat ini sebanyak 237 warga Distrik Paro yang sudah diungsikan.(mcr8/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler