Larasati, Penghuni Baru Terminal BBM Rewulu

Sabtu, 28 Desember 2013 – 01:39 WIB
Foto: Pertamina for JPNN.com

jpnn.com - REWULU - Larasati kecil berlindung manja di bawah induknya, sedangkan sang Induk dengan sabar melindungi sang buah hati sebagi tanda kasih sayangnya.

Larasati adalah nama yang diberikan kepada Rusa Jawa / Rusa Timor (Cervus Timorensis Russa) betina yang baru lahir pada 4 Juni 2013 di lokasi penangkaran rusa Terminal BBM Rewulu.

BACA JUGA: KPK Segera Surati Mendagri Agar Copot Atut

Kelahiran rusa betina ini  merupakan kesuksesan kecil dari program perlindungan keanekaragaman hayati Terminal BBM Rewulu yang diinisiasi bersama BKSDA DI Yogyakarta.

Program yang dimulai pada Oktober 2012 ini diawali dengan rusa yang berjumlah 3 ekor yang terdiri dari 1 ekor jantan dan 2 ekor betina yang didatangkan oleh BKSDA Yogyakarta ke Terminal BBM Rewulu.  Program ini cukup menantang karena harus disupervisi, mulai dari standar kandang yang disediakan oleh Terminal BBM Rewulu, jumlah pakan dan vitamin, pemeriksaan kesehatan rutin hingga pelaporan wajib setiap bulan kepada BKSDA.

BACA JUGA: Diburu Kejaksaan, Pamen Mabes Polri Lihai Hindari Pelacakan

Untuk memastikan kesehatan rusa terjaga dengan baik, Terminal BBM Rewulu bekerja sama dengan RSH Dr. Soeparwi UGM untuk memastikan pemeriksaan kesehatan rusa setiap bulannya yang meliputi pemeriksaan umum, feses bahkan hingga USG. Bahkan untuk rusa yang baru lahir tersebut langsung dicek kesehatannya oleh tim dokter hewan dan satuan Polisi Hutan BKSDA Yogyakarta untuk memastikan kondisi hewan dilindungi tersebut.

Untuk kedepannya kegiatan ini akan tetap dilanjutkan dan dipertahankan dimana pada waktu yang tepat rusa-rusa ini akan dikembalikan lagi ke alam liar sebagai salah satu penunjang rantai makanan dalam ekosistem.(JPNN)

BACA JUGA: Pemerintah Siap Bahas 91 RUU Pemekaran

BACA ARTIKEL LAINNYA... Politisi Demokrat Sesalkan Anggaran TVRI Dibintangi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler