Laskar Ngawi Angkat Topi Atas Kerja Tim GTP2 Covid-19

Rabu, 03 Juni 2020 – 19:58 WIB
Ketua DPRD Ngawi, Dwi Rianto Jatmiko (pakai peci) saat rapid test para pedagang di Pasar Kabupaten Ngawi. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, NGAWI - Laskar Ngawi mengapresiasi tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Kabupaten Ngawi Jawa Timur.

Ketua Umum Laskar Ngawi, Moch Sjah Nur Hidajat mengatakan, tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah melakukan penanganan terhadap warga yang memiliki potensi tinggi tertulari virus corona, hingga warga terkonfirmasi positif Covid-19 dengan cepat.

BACA JUGA: Lima Warga Ngawi Positif Corona, Semuanya dari Klaster Temboro

“Awalnya Kabupaten Ngawi zero corona. Per 6 Mei 2020 terdapat lima pasien terkonfirmasi positif dari klaster Temboro,” kata Sjah Nur, Rabu (3/6).

Status kota almarhum Didi Kempot berubah menjadi zona merah.

BACA JUGA: Laskar Ngawi Berikan THR Buat Marbut dan Lansia di Tiga Kecamatan

“Pemkab Ngawi gerak cepat dan langsung melakukan pelacakan terhadap orang-orang yang kontak erat dengan pasien,” tuturnya.

Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Tim Gugus Tugas bersama Dinas Kesehatan Ngawi menggelar rapid test masal secara gratis.

BACA JUGA: Update Corona 3 Juni: Jumlah Pasien Positif Covid-19 Bertambah

Data Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Ngawi mencatat hingga 20 Mei 2020, total pasien Covid-19 di Ngawi menjadi 12 orang.

Untuk jumlah orang dalam pemantauan (ODP) mencapai 309 orang. Sedangkan, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) ada 27 orang.

Pelacakan terus dilakukan dengan menggelar rapid test gratis untuk para pedagang di seluruh pasar yang ada Kabupaten Ngawi.

“Data yang dihimpun Laskar Ngawi, total fasilitas rapid test hingga Kamis 28 Mei 2020 sudah mencapai 4.600 spesimen, itu belum semua yang dilaporkan,” papar Sjah Nur.

Kabar baiknya, dari pasien positif sudah ada yang berhasil sembuh setelah menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Moewardi Solo.

Kabupaten Ngawi yang sebelumnya berstatus zona merah turun menjadi zona kuning setelah pasien tersebut sembuh.

“Responsif dan kecepatan penanganan kasus Covid-19 ini yang patut kami apresiasi,” ucapnya.

Sementara itu Penasehat Gugus Tugas Covid-19 yang sekaligus Ketua DPRD Ngawi, Dwi Rianto Jatmiko mengatakan, percepatan penanganan Covid-19 tak terlepas dari peran serta masyarakat yang patuh terhadap berbagai protokol kesehatan yang diterapkan.

“Kami minta warga mengenakan masker, karena memang sudah dibagikan hampir ke seluruh warga Ngawi. Rajin cuci tangan, jaga jarak dan tetap di rumah saja,” terang pria yang kerap disapa Mas Anto ini.

“Untuk membatasi warga keluar dan masuk Ngawi, kami lakukan penyekatan melalui beberapa pos check point,” tambahnya.

Bagi warga yang menginginkan rapid test secara mandiri, pihaknya menyediakan beberapa rumah sakit rujukan di Kota Ngawi.

Tentu saja, untuk rapid test mandiri masyarakat akan dikenakan biaya.

“Pemkab juga menyediakan fasilitas layanan rapid test gratis atau tidak dipungut biaya bagi para pedagang pasar tradisional atau atau yang beraktivitas di simpul ekonomi rakyat kecil," pungkas Mas Anto. (*/adk/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Laskar Ngawi   Ngawi   Covid-19   Corona  

Terpopuler