Latihan MotoGP, Lorenzo Peringkat I, Rossi Ketiga

Sabtu, 06 April 2013 – 08:08 WIB
LOSAIL -  Hasil latihan perdana MotoGP Qatar memberikan hasil sedikit di luar dugaan. Honda tak terlalu tangguh untuk menghadapi tantangan berat dari Yamaha. Bukan cuma dari dua pembalap tim Yamaha Factory, tapi juga Cal Crutchlow (Yamaha Tech 3) yang justru menyodok di dua besar.
   
Juara dunia musim lalu, Jorge Lorenzo memimpin para pembalap Yamaha menduduki posisi tiga besar. Dia mencatatkan waktu terbaik 1 menit 56,685 detik. Peringkat kedua dan ketiga berturut-turut ditempati Crutchlow dan Valentino Rossi yang selisih waktunya tak sampai 0,1 detik.
   
Crutchlow hanya terpaut 0,058 detik dari Lorenzo. Pembalap berusia 27 tahun ini mengalahkan juara dunia tujuh kali MotoGP, Rossi, dengan keunggulan 0,013 detik. Itu indikasi dia bakal kompetitif ketika menjadi yang tercepat pada hari terakhir uji coba resmi pra-musim di Jerez akhir bulan lalu.
   
"Cara yang sangat bagus untuk mengawali musim, berada di posisi teratas. Ada tiga Yamaha di posisi tiga besar, seperti di jerez. Itu berarti sirkuit ini baik buat kami," tutur Jerez.
   
Lorenso masih menebar ancaman tambahan buat para rival Yamaha. Menurutnya, masih ada ruang peningkatan bagi motor YZR-M1. "Kami masih punya tiga cara untuk terus meningkat, dengan cara membalap, mengembangkan motor juga peningkatan kondisi lintasan," tambahnya.
   
Sementara Rossi juga menunjukkan penampilan yang konsisten. Hampir sepanjang sesi dia ada di posisi teratas. Hanya di akhir sesi, saat dia tak lagi menunjukkan kecepatan terbaiknya, Lorenzo dan Crutchlow menberikan kecepatan terbaiknya.
   
"Catatan waktu kami bagus, terutama dengan kondisi lintasan tadi dan karena saya hanya menggunakan satu set ban untuk memahami jika saya bisa cepat dengan banyak lap. Setting dan keseimbangan motor bagus, sehingga tampaknya kami bisa kompetitif... Kami sudah tangguh."
   
Di lain pihak, Honda justru menghadapi masalah di latihan perdana. Rookie Marc Marquez jadi yang tercepat di antara motor Honda. Itu pun, dia tertinggal 0,591 detik dari Lorenzo. Sementara Dani Pedrosa malah tercecer di posisi kedelapan, dengan selisih lebih dari satu menit.
   
Pedrosa, yang tahun lalu menjadi runner-up di Losail, mengungkapkan masalah yang dihadapinya yaitu kesulitan saat memasuki tikungan. "Saya tak tahu mengapa. Saya tiga kali kesulitan di tikungan di titik yang sama. Saya harap kami bisa segera mengatasinya. Hari ini bukan hari kami," ujarnya.
   
Kubu Yamaha menyambut positif hasil latihan perdana itu. Ditambah lagi dengan kesulitan rival beratnya, Manajer tim Yamaha Wilco Zeelenberg menyebut hal itu menurunkan tekanan pada timnya.
   
"Berada di posisi teratas dan melihat para rival kesulitan sedkit menyenangkan. Kami masih punya langkah untuk dijalani tapi kami bisa puas dengan kondisi ini," kata Zeelenberg. (ady)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Nadia Pecahkan Rekor 25 Tahun

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler