Latihan Timnas Belum Maksimal

Kamis, 10 Januari 2013 – 08:14 WIB
MEDAN-Titik terang belum juga muncul memasuki hari ketiga pemusatan latihan timnas Pra Piala Asia 2015, Rabu (9/1) kemarin.  Tim besutan Nil Maizar ini belum juga bisa berlatih maksimal karena pemain yang hadir di Medan masih minim. 

Hanya tiga pemain tambahan yang menyusul hingga hari ini. Total masih 16 pemain yang  bergabung hingga saat ini.

Jelas jumlah tersebut belum representatif untuk mempersiapkan tim. Namun pelatih Nil Maizar tak punya pilihan lain selain tetap menjalankan materi latihannya.

"Pemain kita harapkan akan datang lagi. Dalam artian kita tetap menjalankan sesuai yang kita arahkan. Yang ada maksimalkan kalau biasanya 10 lawan 10 saat small game sementara 6 lawan 6 tidak masalah," jelasnya.

Hingga saat ini para pemain yang hadir di Medan kebanyakan belum berpengalaman membela timnas seperti eks skuad PON Papua dan pemain muda lainnya. Kecuali Wahyu Tri Nugroho, Rasyid Assahid  Bakri dan Agung Nova Wiantara yang sebelumnya berkiprah di AFF 2012.

Para pemain yang diharapkan datang seperti Irfan Bachdim, Andik Vermansyah dan Bambang Pamungkas yang selama ini kerap menjadi andalan belum juga tampak. Nil masih optimis mereka akan segera bergabung. Termasuk para pemain ISL yang selama ini tidak mendapat restu dari klubnya.

"Irfan saat ini belum bisa bergabung karena neneknya meninggal di Belanda. Sebelumnya dari Bangkok (seleksi di Bec Tero Sasana-red) dia izin ke Belanda. Nantinya setelah pemakaman dia akan langsung kesini. Taufik Hendra (Persebaya-red) juga sudah telpon saya akan datang nantisore ," ucapnya.

Untuk pemain naturalisasi, selain Irfan, Nil juga memanggil Rafael Maitimo. Sejatinya ada Stefano Lilipaly yang juga dibutuhkan Nil. Namun karena pengurusan ke klubnya Almetere FC yang diprediksi sulit, Stefano batal dipanggil. "Stefano Lilipaly juga harusnya kami panggil. Tapi karena masalah klub, paspor belum ada, sulit," jelasnya.

Eks pelatih Semen Padang itu enggan berkomentar soal kabar bakal bergabungnya para pemain ISL. "Saya dengar juga begitu. Kalau saya sih lebih banyak lebih bagus. Kepada saya ada tiga pemain yang bilang mau datang. Hanya masalah non teknis saja. Saya gak mau komentar soal izin klub," jelasnya.

Dengan skuad yang belum komplit itu Nil belum mau berkomentar soal target di Pra Piala Asia ini. Sulit mengukur kekuatan dengan kondisi skuad yang belum lengkap seperti ini.  "Kita lihat dalam seminggu inilah. Kalau semuanya bagus, kondisinya bagus baru bisa kita ukur," ujar.

Saat ini Wahyu Tri Nugroho cs tengah berada dalam masa pemulihan kondisi fisik. "Recondition training agar kondisinya seperti awal. Endurance aerobik, memaksimalkan daya tahan, bagaimana bertahan. Disiplin bagaimana dia bertahan dengan bola," bebernya. (don)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hattrick Gonzales Bawa Arema Puncaki Klasemen ISL

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler