Lawan Brunei, Timnas Indonesia U-19 Harus Menang Delapan Gol

Rabu, 13 September 2017 – 05:57 WIB
Suporter Timnas Indonesia. Ilustrasi Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, YANGON - Timnas Indonesia U-19 bakal menghadapi Brunei Darussalam sebagai laga pemungkas grup B Piala AFF U-18 2017, di Stadion Thuwunna, Yangon, sore ini (tayangan langsung Indosiar pukul 15.30 WIB).

Brunei memang bukan lawan yang sulit dikalahkan. Hanya, Garuda Nusantara –sebutan timnas U-19 Indonesia– butuh kemenangan besar bila ingin lolos ke babak selanjutnya.

BACA JUGA: Perkiraan Pemain Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam

Kini Garuda Nusantara berada di peringkat ketiga klasemen sementara dengan enam poin.

Di atasnya, terdapat Vietnam dengan 9 poin dan Myanmar dengan 6 poin. Dua tim teratas itu bakal bentrok pada malam harinya.

BACA JUGA: Pelatih Vietnam Akui Kekuatan Skuat Timnas Indonesia U-19

Dengan laga tidak dimainkan secara bersamaan, ada potensi Vietnam dan Myanmar main mata untuk membuat Indonesia tersingkir.

Peraturan di turnamen tersebut, jika poin sama, juara grup ditentukan dengan selisih gol. Vietnam saat ini berada di atas angin dengan selisih gol yang fantastis, yakni 15 (16-1).

BACA JUGA: Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam, Tantangan Terberat

Myanmar berada di bawahnya dengan selisih gol 13 (15-2). Nah, selisih gol Indonesia malah lebih sedikit, yakni 7 (11-4).

”Tidak ada masalah meski jadwal kickoff berbeda. Makanya, kami utamakan untuk memikirkan kondisi yang ada di tim ini. Tidak perlu banyak pikirkan hal-hal lain,” kata pelatih Indra Sjafri kemarin.

Untuk aman, setidaknya Rachmat Irianto dkk harus menang atas Brunei dengan selisih minimal delapan gol.

Dengan begitu, Indonesia akan memiliki 9 poin dengan selisih gol minimal 15. Dengan posisi seperti itu, Vietnam tidak akan mau mengalah kepada Myanmar.

Pelatih Indra Sjafri sudah melakukan berbagai persiapan agar bisa menang besar sore nanti.

”Cara paling aman, kami harus mencetak gol sebanyak-banyaknya. Oleh sebab itu, persiapan yang paling penting, bagaimana supaya kebugaran kembali lagi dan pemain melupakan kekalahan sebelumnya,” imbuh pelatih asal Sumatera Barat tersebut.

Namun, Indra tidak ingin terlalu membebani anak asuhnya. Dia ingin penggawa timnas bisa bermain dengan nyaman. Target utama adalah meraih tiga poin dan membuka kans lolos ke semifinal.

Pelatih 54 tahun itu optimistis timnya bisa lolos dari penyisihan grup. ”Tidak ada target untuk kejar gol banyak. Tapi, main harus fokus dan tidak membuat kesalahan,” ujarnya.

Mengatasi Brunei memang bukanlah hal yang sulit. Di atas kertas, level Brunei berada di bawah Indonesia. Tim asuhan Fujiwara Takao itu selama ini menjadi lumbung gol bersama Filipina di grup B.

Brunei pernah kalah 1-8 oleh Vietnam dan 0-7 oleh Myanmar. Terlebih, Brunei sudah tidak punya target apa-apa di laga tersebut.

Tim itu sudah dipastikan tersingkir karena hanya menang sekali dalam tiga laga grup B dengan koleksi 3 poin. Takao pun sadar bahwa kualitas anak asuhnya tidak sebanding dengan Indonesia.

”Saya akui, Indonesia adalah salah satu tim kuat di turnamen ini. Pemain kami sangat minim pengalaman. Itu berbeda dengan Indonesia yang bahkan sudah pernah menjajal turnamen di Eropa (Toulon Tournament). Tetapi, kami tidak ingin menjadi lumbung gol lagi,” ucap pelatih asal Jepang itu. (dit/c11/tom)

Perkiraan Susunan Pemain

Brunei (4-2-3-1): 1-M. Amirul Hakim (g); 15-M. Nazhan Zulkiflie, 4-M. Nazif Safwan (k), 5-A. Taufiq Tarmizi, 23-M. Azirul Asmadi; 3-Abdul Wadud Ramli, 8-M. Hanif Farhan; 16-Abdul Hariz Herman, 7-M. Nur Asyraffahmi, 10-M. Abdul Mateen; 19-M. Suhaily Syafiee Abdullah

Pelatih: Fujiawara Takao

Jersey: Kuning

Indonesia (4-2-3-1): 30-M. Aqil Savik (g); 12-M. Rifad Marassabessy, 13-Rachmat Irinato (k), 5-Nurhidayat Haris, 29-Firza Andika; 6-M. Iqbal, 17-Syahrian Abimanyu; 15-Saddil Ramdani, 10-Egy Maulana Vikri, 14-Feby Eka Putra; 19-Hanis Saghara

Pelatih: Indra Sjafri

Jersey: Putih

BACA ARTIKEL LAINNYA... Komposisi Pemain Timnas Indonesia Berubah Hadapi Filipina


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler