Layanan Radioterapi IHC RSPP Kini Bisa Diakses Peserta BPJS Kesehatan

Rabu, 10 Januari 2024 – 22:17 WIB
Direktur IHC RSPP, dr Neny Herawati M.K.K.K. (tengah) dalam konferensi pers awal tahun 2024 IHC RSPP, Rabu (10/1). Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia Healthcare Corporation Rumah Sakit Pusat Pertamina (IHC RSPP) mulai awal 2024 menyediakan layanan radioterapi yang bisa diakses para peserta BPJS kesehatan. 

Hal ini menjadi capaian baru di tengah perayaan HUT ke-52 RSPP pada 6 Januari lalu, apalagi tidak banyak rumah sakit yang menyediakan layanan kanker. 

BACA JUGA: IHC RSPP Kini Jadi Bagian dari Mayo Clinic Care Network

"Lewat sinergi ini, diharapkan makin banyak pasien kanker yang bisa disembuhkan, karena pengobatannya bisa dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, sehingga tidak perlu khawatir soal biaya pengobatannya, " kata Direktur IHC RSPP, dr Neny Herawati M.K.K.K. dalam konferensi pers awal tahun 2024 IHC RSPP, Rabu (10/1). 

Untuk layanan lainnya masih dalam proses pengajuan ke pihak BPJS dan diharapkan dapat direalisasikan di trimester pertama 2024 ini. Ada beberapa pelayanan yang sedang diajukan dengan BPJS selain radioterapi, yakni kemoterapi , radionuklir, kateterisasi jantung dan endoskopi.

BACA JUGA: BPJS Ketenagakerjaan Gercep Bayarkan Santunan Korban Kecelakaan Smelter Meledak di Morowali

"Selain peserta BPJS kami juga melayani  masyarakat umum, Pertamina dan anak perusahaannya, BUMN, asuransi, dan jaminan perusahaan," tuturnya. 

Hal ini didukung oleh dokter-dokter yang memiliki pengalaman panjang dalam memberikan pengobatan.  RSPP juga dilengkapi dengan peralatan yang cukup canggih, seperti MRI (Magnetic resonance imaging), MSCT (Multislice Computerized Tomography), Cath Lab (Kateterisasi Jantung), Kedokteran Nuklir, Radioterapi, dan Robotic untuk Prostat. 

Untuk tenaga kesehatan, ada 179 dokter umum, dokter gigi, dokter spesialis, seperti spesialis gigi dan subspesialis reumatologi, Endokrin, ginjal hipertensi, gastro entero hepatologi, geriatric, bedah digestif, bedah onkologi, obgyn onkologi, hematologi onkologi, neuro onkologi. 

Juga spesialis pulmo onkologi, onkologi radioterapi, ortopedi ahli spine, ortopedi ahli hip dan knee, Vitreo retina, konsultan jantung intervensi dan konsultan jantung aritmia. 

RSPP juga telah menjadi salah satu member Mayo Clinic Care Network (MCCN) sejak tahun 2023, pertama dan satu-satunya di Indonesia. Keunggulannya, dapat mengakses berbagai pengetahuan dan keahlian dari tim Mayo Clinic, termasuk diskusi mengenai pengobatan kanker, pengobatan layanan dan penyakit lainnya. 

"Hal itu keuntungan bagi setiap tenaga medis di IHC RSPP untuk meningkatkan kemampuan di skala internasional karena dapat melakukan teleconference dan secara langsung dengan para ahli kesehatan dari Mayo Clinic dan tentunya edukasi medis," lanjutnya. 

IHC RSPP saat ini memiliki 2 COE (Centre Of Excellence) yaitu Cancer Center dan Cardioneuroendovascular. Juga mengembangkan ODC (One Day Care) Chemoterapi dan Heart failure Clinik atau klinik gagal jantung di RSPP atas bimbingan Tim Mayo. 

"Ini salah satu upaya kami untuk meningkatkan mutu dan layanan di RSPP, " ungkapnya.

Dokter Neny menyebut beberapa layanan kesehatan lainnya yang masuk 'jagoan' di RSPP di luar layanan kanker dan cardioendoneurovascular antara lain, MCU one stop service. 

Klinik Vaksin tersertifikasi ICV (International Certificate Vaccination), Poliklinik Eksekutif termasuk poli gigi eksekutif Beauty and Wellness Center, meliputi Estetika Center yang akan ditangani dokter spesialis kulit dan bedah plastik dipadukan dengan cutting-edge technology. 

Layanan program kesehatan dan penurunan berat badan, Mental health Clinik, juga home care yang saat ini banyak dikenal terutama saat pandemi Covid-19. 

"Layanan home care kami banyak dari kalangan menteri, pejabat, menteri sampai dengan masyarakat umum," imbuhnya. 

RSPP menggandeng beragam komunitas kesehatan dari warga sekitar khususnya Jakarta Selatan dan para dokter di luar IHC RSPP, seperti komunitas kanker, komunitas diabetes, dan sebagainya. Kolaborasi itu termasuk edukasi kesehatan sebagai langkah preventif. 

"Kami juga berkolaborasi dengan beberapa bank untuk kemudahan pembayaran, seperti cicilan dan diharapkan dapat meringankan beban pasien, karena tidak harus membayar tagihan dalam jumlah besar sekaligus," katanya.

Untuk mendukung semua upaya tersebut, IHC RSPP melakukan sejumlah renovasi gedung, terutama pada kamar rawat inap agar pasien merasa lebih nyaman dan bernuansa kekinian. Tak hanya gedung yang tampil baru, sistem layanan administrasi pendaftaran pasien juga dibuat dengan digitalisasi mulai dari hulu ke hilir. 

"Pasien tak perlu datang ke rumah sakit untuk mendaftar berobat, cukup gunakan WA dari mobile phone atau gadget pasien, " sebutnya. 

Sebagai bukti perubahan serta pengabdian kepada masyarakat, IHC RSPP akan menggelar pameran di Mall Kasablanka, Jakarta pada 4-10 Maret 2024. Tak hanya pameran, kegiatan itu juga dilengkapi dengan seminar dan konsultasi kesehatan gratis.

"Selama 7 hari, pengunjung bisa konsultasi kesehatan secara gratis di area pameran, " pungkasnya. (esy/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler