Lebaran, BI Banten Siapkan Penukaran Uang Rp 20 Miliar

Kamis, 17 Juli 2014 – 05:08 WIB

jpnn.com - SERANG - Bank Indonesia (BI) Cabang Provinsi Banten menyiapkan sedikitnya 20 miliar untuk jasa penukaran uang menjelang hari Raya Idul Fitri 2014 mendatang. Puluhan miliar yang disediakan itu terdiri dari uang pecahan Rp 20.000, Rp10.000, Rp 5.000 dan Rp 2.000 serta pecahan seribu rupiah.

Kepala BI Perwakilan Banten, Budiharto Setyawan mengatakan, besarnya persediaan jasa penukaran uang pihaknya berdasarkan perkiraan bahwa penukaran uang tahun ini meningkat 120 persen dari tahun sebelumnya yang hanya Rp8 miliar. "Tahun kemarin kami hanya menyediakan Rp3 miliar, namun ternyata meningkat menjadi Rp8 miliar. Tahun ini diperkirakan terjadi peningkatan 120 persen," kata Budiharto, kemarin (16/7).

BACA JUGA: 635 Bus Mudik Disiapkan di Terminal Bekasi

Ia mengatakan Hari Raya Idul Fitri adalah hari yang identik dengan bagi-bagi uang atau ampau  ke sanak keluarga, tak terkecuali di Provinsi Banten. Besaran persiapan jasa penukaran ini, juga salah satu indikasi peningkatan penduduk seiring semakin bertambahnya pemukiman di wilayah Banten, khususnya Serang kota/kabupaten.

"Layanan penukaran uang pada hari biasa dalam satu bulan hanya bisa dilakukan sebanyak dua kali. Sedangkan khusus menyambut bulan puasa atau Lebaran penukaran uang di BI bisa berturut-turut dilakukan selama dua minggu dalam satu bulan," ujarnya.

BACA JUGA: 50 Bus Tingkat Gratis Disiapkan

Budi menjelaskan, BI Cabang Serang membuka jasa penukaran uang sejak hari Selasa (15/7). Penukaran uang tersebut dibagi menjadi dua periode, mulai dari minggu ini sampai minggu depan. "Kami melihat khusus untuk penukaran tahun lalu mencapai Rp 8 miliar, sedangkan tahun sekarang diperkirakan meningkat hingga Rp 20 miliar. Dalam hal ini kami ingin memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, walaupun belum ada fungsi sebagai kas Negara independen, tetapi biarpun begitu kita bekerja sama dengan pusat akan memenuhi kebutuhan masyarakat secara maksimal," ujarnya. (bud)

BACA JUGA: Suami Saya Sangat tidak Bersalah

BACA ARTIKEL LAINNYA... Amankan Rekapitulasi KPU, Polri Kerahkan 3120 Personel


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler