Lebaran Dongkrak Laba Esia

Kamis, 16 September 2010 – 00:22 WIB

JAKARTA - Musim lebaran Idul Fitri 1431 hijriyah ini tidak hanya dimanfaatkan oleh moda transportasi untuk meraup keuntunganSejumlah provider telepon seluler seperti Esia dan Axis juga memetik keuntungan berlipat.

Bakrie Telecom selaku pemilik Esia, sukses meningkatkan trafik percakapan telepon, sms, dan data, selama Ramadan dan Idul Fitri

BACA JUGA: Nokia Gerojok Pasar Smartphone

Mereka mendapatkan pertumbuhan ganda pada layanan VAS (value added services)
Lonjakan trafik terutama terjadi pada pengiriman SMS yang mengalami peningkatan sebesar 46%

BACA JUGA: PLN Bangun PLTU 600 M di Mamuju



Sementara, percakapan telepon justru memperlihatkan penurunan trafik di Jakarta
Namun sebaliknya, trafik pembicaraan meningkat di beberapa kota tujuan mudik di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur

BACA JUGA: Perekonomian Membaik, Hypermarket Bangkit

Wakil Direktur Utama PT Bakrie Telecom Tbk, Muhammad Buldansyah, menjelaskan, keberhasilan perusahaannya menyalurkan trafik disebabkan oleh dua faktor
Pertama, Bakrie Telecom telah mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik dengan meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2 kali lipatKedua, lonjakan trafik yang terjadi menunjukkan gambaran yang hampir sama dengan yang terjadi tahun lalu.

“Tentu bervariasi tipe kotanyaAda yang hanya kami tingkatkan 20% dari kapasitas normal di hari biasa, tapi ada juga yang kami tingkatkan hingga 100% seperti kota-kota tujuan mudik di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur,” kata Buldansyah atau lebih akrab disapa dengan nama Danny, di Jakarta, Rabu (15/9).

Selain layanan VAS yang merupakan fitur bernilai tambah yang berkaitan dengan bulan Ramadhan, fitur lain seperti RBT (Ring Back Tone), Adzan Cell, serta Win Ramadhan juga semakin digemari masyarakat, dengan rata-rata pertumbuhan dua kali lipat dibanding masa sebelum Ramadan tiba.           

Untuk SMS, menurut Danny, lonjakan terjadi pada hari pertama dan kedua menjelang bulan suci RamadanSementara, di hari raya Idulfitri lonjakan trafik SMS mulai terjadi tiga hari menjelang hari raya dan mencapai puncaknya pada H-1“Lonjakan karena orang saling mengirim sms permohonan maaf menjelang bulan suci Ramadan dan juga menjelang hari raya IdulfitriPolanya seperti itu dan kami telah mengantisipasinya dengan baik,” katanya.

Selain itu, ujar Danny, lebih dari 95% SMS bisa dikirimkan dibawah 60 detik atau meningkat dibanding tahun sebelumnya yang berkisar antara 92-95%Danny menyebut kecepatan pengiriman SMS ini memperlihatkan kualitas jaringan Bakrie Telecom di kota-kota yang baru dibukanya tersebut semakin membaik.

Membaiknya kualitas jaringan juga diperlihatkan dari keberhasilan pelanggan Esia memanfaatkan layanan Esia GOGOLayanan ini memungkinkan pelanggan Esia tetap bisa menggunakan teleponnya meskipun telah berpindah kota atau kode area.

Rata-rata tingkat keberhasilan aktivasi layanan Esia GOGO bisa mencapai angka 90%Sementara keluruhan permintaan layanan ini berhasil dilakukan tidak lebih dari 5 menit”Artinya hanya dibutuhkan waktu maksimal lima menit untuk mengaktifkan layanan Esia GOGO mulai dari pelanggan mendaftarAda peningkatan kinerja jika dibandingkan tahun 2009 yang rata-rata tingkat keberhasilannya bisa mencapai waktu 6,5 menit,” kata Danny.

           
Peningkatan trafik percakapan juga terjadi pada provider AxisSelama Ramadhan, arus mudik, dan arus balik lebaran Idulfitri 1431 hijriyah, pengguna Axis meningkat tajam.

Head of Corporate Communications, Anita Avianty, mengatakan, lonjakan itu mulai tampak saat Axis menyelenggarakan kegiatan mudik bersama 2010Mudik bareng Axis tahun ini diberi tema Salam Mudik 2010Pada tahun ini, Axis memberangkatkan 2000 pemudik dari Jabodetabek ke beberapa tujuan utama di Pulau Jawa, Lampung, Palembang, dan beberapa daerah lain di Sumatera

"Mereka menggunakan alat transportasi yang nyaman, yaitu puluhan bus yang dilengkapi dengan AC," kata Anita.(gus/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bank Tambah Cash Money


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler