Lebih Baik Kaesang bin Jokowi Masuk PDIP, Tak Harus Ketemu Megawati

Sabtu, 28 Januari 2023 – 14:21 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto merespons kemungkinan Kaesang bin Jokowi terjun ke dunia politik. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Pintu PDI Perjuangan terbuka untuk putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto merespons kabar yang menyebutkan Kaesang pengin terjun ke dunia politik mengikuti jejak Jokowi dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (kakak Kaesang).

BACA JUGA: Kaesang Wali Kota Solo, Bobby Gubernur Sumut, Gibran Pilih Jateng atau DKI, Terserah

Hasto mengatakan PDI Perjuangan tidak mengenal keluarga berpolitik pada jalur partai yang berbeda.

"Di PDI Perjuangan tak dikenal yang namanya satu keluarga inti berada dalam partai politik yang berbeda-beda," kata Hasto di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (28/1).

BACA JUGA: Kaesang Ungkap Keinginan Terjun ke Politik, Gibran: Bapak juga Kaget

Hasto menilai akan lebih baik jika Kaesang masuk ke PDI Perjuangan, partai tempat Jokowi dan Gibran bernaung.

"Ya sekiranya mau masuk, ke PDI Perjuangan. Karena kami punya aturan bahwa dalam satu keluarga tidak bisa masuk dalam pilihan partai-partai yang berbeda," ujar Hasto Kristiyanto.

BACA JUGA: Ais Shafiyah Bilang Pintu PKB Terbuka buat Kaesang

Dia menilai komitmen satu keluarga untuk terjun ke politik lewat satu partai, yaitu PDI Perjuangan itu, merupakan hal yang sangat penting untuk dibangun.

"Karena itu juga menunjukkan suatu emotional bonding, kesadaran, dan pendidikan politik itu dimulai dari keluarga," katanya.

Namun, siapa pun yang hendak bergabung dengan PDI Perjuangan harus mengajukan permohonan.

"Ketika masuk ke partai, mereka harus menyatukan diri dan mengedepankan kepentingan kolektif partai," tuturnya.

Untuk menjadi kader PDI Perjuangan, Kaesang tidak perlu menemui Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Pendaftaran kader cukup dilakukan dengan mendaftar lewat sistem daring yang telah disediakan partai.

"Kalau untuk menjadi anggota, stelsel aktif, bisa melalui daring. Kami partai digital juga yang telah mengembangkan sistem informasi yang sangat baik. Ada aplikasi yang telah dikembangkan oleh Mas Prananda Prabowo, sehingga setiap simpatisan yang ingin menjadi anggota itu terbuka," katanya.

Anggota keluarga kader PDI Perjuangan bisa juga menjadi kader partai. Namun, terkait penugasan, partai tetap memegang semangat reformasi sehingga ada batasan tertentu.

"Dalam suatu keluarga itu ada pembatasan-pembatasan dari segi jumlah, kecuali menjadi anggota, dan satu keluarga tidak boleh ditugaskan dalam satu tingkatan yang sama. Namun, untuk menjadi anggota dari satu keluarga, tidak ada batasan sama sekali; dari kakek, nenek, bapak, ibu, cucu, semuanya bisa bergabung ke PDI Perjuangan," ujar Hasto. (antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler