Lemkapi Nilai Kinerja Antarpihak dalam Mengelola Arus Mudik dan Balik Sukses

Rabu, 17 April 2024 – 17:44 WIB
Lembaga Kajian Strategis Kepolisian (Lemkapi) menilai pengamanan arus mudik dan balik pada Lebaran 2024 secara umum berjalan lancar dan kondusif. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian (Lemkapi) menilai pengamanan arus mudik dan balik pada Lebaran 2024 secara umum berjalan lancar dan kondusif.

Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan mengapresiasi berbagai pihak terkait atas kelancaran arus mudik dan balik.

BACA JUGA: Lemkapi Puji Polres Jakbar yang Atasi Pemuda Ugal-ugalan saat Ramadan

Edi menganggap kelancaran ini lebih disebabkan karena bagusnya koordinasi semua pihak yang terkait.

"Kami melihat untuk pengamanan arus mudik dan arus balik, koordinasi Polri dengan stokholder lain sangat bagus. Mereka saling support dan saling melengkapi demi memberikan kenyamanan kepada masyarakat," kata Edi dalam keterangannya, Rabu (17/4).

BACA JUGA: Lemkapi Sebut Ada Dosen yang Sedang Memprovokasi Mahasiswa untuk Mengkritisi Pemerintah

Dosen Pascasarjana Universitas Bhayangkata Jakarta itu menyampaikan berdasarkan hasil pemantauan pihaknya, sejumlah pihak yang terlibat berperan aktif dalam pengamanan lebaran antara lain Polri, Kementerian Perhubungan, Jasa Marga, TNI, dan Kemenko PMK.

"Kami mengamati semua stake holder bekerja baik dan optimal. Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Polri dan stake holder lainnya," kata mantan anggota Kompolnas itu.

BACA JUGA: Lemkapi Tak Yakin Seorang Kapolda akan Bersaksi soal Kecurangan Pemilu di MK

Menurut Edi, tantangan pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2024 paling berat mengingat jumlah pemudik jauh melebih tahun-tahun sebelumnya.

"Jumlah masyarakat yang mudik lebih dari 190 juta. Jadi, naik dratis. Kendaraan tumplak di jalan," jelas dia.

Edi menyatakan berbagai terobosan dilakukan Korlantas Polri antara lain contraflow dan oneway. Kapolri sendiri terlihat sangat aktif memantau arus mudik bersama pimpinan instansi terkait seperti Menteri Perhubungan dan Panglima TNI demi kenyamanan masyrakat.

"Berkat kerja sama dan sinergitas dengan semua stake holder tugas berat itu akhirnya tuntas dan kinerja seluruh aparat negara banyak diapresuasi masyarakat," tegas dia. (tan/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lemkapi Nilai Komjen Martinus Hukom Mampu Meningkatkan Kinerja BNN


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler