Lengkapi Berkas, Yusril Datangi Gedung Bundar

Rabu, 11 November 2009 – 15:20 WIB
JAKARTA - Mantan Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (Menkum HAM), Yusril Ihza Mahendra, memenuhi panggilan penyidik di Gedung Bundar, Kejagung, Jakarta, Rabu (11/11)Dengan menumpangi mobil Volvo S 90 berwarna hitam bernomor B 1549 RFS, Yusril tiba sekitar pukul 10.00 WIB

BACA JUGA: Buyung: Dugaan Niat Menghancurkan KPK Makin Jelas

Kehadiran Yusril, menurut Direktur Penyidikan Jampidsus Arminsyah, adalah sebagai saksi dalam kasus Sistem Administrasi Badan Hukum (Sisminbakum) di Depkum HAM pada tahun 2007.

"Beliau (Yusril, Red) diperiksa sebagai saksi pada tersangka Ali Amran," kata Arminsyah kepada wartawan, sebelum pemeriksaan digelar.

Arminsyah mengatakan bahwa pemberkasan terhadap tersangka Ali Amran terhambat, karena (yang bersangkutan) sakit sehingga pemanggilan kepada saksi juga tertunda
"Karena saat ini sudah sehat, kita lengkapi terus berkasnya

BACA JUGA: Pimpinan Polri Dilaporkan ke Komnas HAM

Karena yang lain sudah putus," ujarnya.

Dalam perkara kasus Sisminbakum di Depkum HAM, beberapa terdakwa memang sudah divonis di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan
Di antaranya ada mantan Dirjen Administrasi Hukum Umum (AHU) Romli Atmasasmita, yang divonis dua tahun penjara pada September 2009

BACA JUGA: Polri Bantah Tekan Wiliardi

Sedangkan mantan Direktur PT Sarana Rekatama Dinamika (SRD), Yohanes Woworuntu, divonis empat tahun penjara pada Oktober 2009.

Mengenai posisi Yusril, lantas muncul pertanyaan apakah tak tertutup kemungkinan keterkaitannya sebagai saksi kemudian bisa menjadi tersangka? "Itu bahasa siapa?" kata Arminsyah pula bertanya balik.

Yusril sendiri hari ini diperiksa selama tiga jam setengahMantan Ketua Umum Partai Bulan Bintang itu keluar dari Gedung Jampidsus sekitar pukul 13.30 WIB"Hanya pemeriksaan keterangan tambahan atas kasus terdahuluGak ada yang baruDah selesai," ujar Yusril singkat.

Menurut Yusril, pihaknya hanya melengkapi berkas yang sudah lama pada kasus Sisminbakum tersebut"Cuma melengkapi keterangan yang lalu ajaYa, gak ingat sayaPokoknya hanya melengkapi aja," ujarnya lagi sambil berlalu(awa/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polisi Ragukan Sosok Yulianto Ada


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler