Lepas Ekspedisi AMIN, Anies: Ikhtiar untuk Indonesia Adil dan Setara

Selasa, 28 November 2023 – 15:42 WIB
Capres Anies Baswedan secara simbolis melepas Ekspedisi AMIN di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (28/11/2023). Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Perjalanan menghadirkan perubahan bagi Indonesia yang adil makmur untuk semua secara resmi dimulai dari Jakarta. Secara simbolis perjalanan tersebut ditandai dengan pelepasan Ekspedisi AMIN di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (28/11).

“Barusan kita memulai perjalanan ekpedisi yang dilepas dengan memberikan bendera oleh Bung Topas, ketua RT Kampung Akuarium,” ucap capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan.

BACA JUGA: Mohon Restu Keluarga, Anies Baswedan Memulai Kampanye di Tanah Merah

“Sebuah kampung yang dihancurkan, warganya terlantar dan kemudian kami berjanji kepada mereka dengan mengedepankan prinsip kesetaraan dan keadilan,” lanjutnya.

Pelepasan ini memiliki makna perjuangan warga Kampung Akuarium dan keberpihakan Pemprov DKI selama Anies menjabat sebagai gubernur dapat dijadikan acuan di level nasional.

BACA JUGA: Anies Kembali Berjanji Tuntaskan Persoalan Agraria di Tanah Merah

“Mereka yang hari ini melepas dengan perjuangan yang sama yakni mengikhtiarkan Indonesia yang adil dan setara, dengan prinsip membesarkan mereka yang kecil tanpa mengecilkan mereka yang sudah besar,” terangnya.

Menurut capres nomor urut 1 tersebut perjuangan yang diusung Ekspedisi AMIN akan membawa gagasan dan menyerap aspirasi dari rakyat di seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Temui Jubir Anies di Papua, Kaesang Ajak Pilih PSI

Harapannya, jika nanti AMIN diberikan wewenang, maka akan sesuai dengan harapan rakyat Indonesia.

“Perjuangan ini membawa gagasan bukan tentang satu orang satu partai satu koalisi tapi bagaimana indonesia memberikan kesempatan yang sama supaya bahan pokok murah, lapangan kerja luas, akses pendidikan berkualitas tuntas dan pelayanan kesehatan yang menyeluruh,” tandas Anies.

Sementara itu, menurut Kapten Timnas AMIN Muhammad Syaugi ekspedisi AMIN ini bukan sekedar perjalanan fisik tetapi juga spiritual untuk menangkap apa yang menjadi harapan rakyat Indonesia.

“Ini perjalan bukan hanya fisi tetapi juga spiritual, dengan menyelami berinteraksi dan dialog dengan seluruh unsur masyarakat di Indonesia, dengan begitu kita akan mengetahui apa yang menjadi harapan,” tambah Syaugi.

Ekspedisi AMIN ini nantinya akan berkelana ke seluruh Indonesia. Pada kesempatan itu, Ibu Dharma Diani dari Kampung Akuarium membacakan 8 Harapan Ekspedisi AMIN yang isinya sebagai berikut:

1. TUJUAN YANG BAIK HARUS DITEMPUH DENGAN CARA-CARA YANG BAIK. JALANKAN EKSPEDISI INI DENGAN CARA-CARA YANG MULIA, SELALU TEGAKKAN PRINSIP KEADILAN DAN KESETARAAN DALAM SETIAP TEMPAT YANG DIKUNJUNGI.

2. MENDENGARKAN DAN MENCATAT DENGAN SEPENUH HATI ASPIRASI DALAM SETIAP KESEMPATAN BERINTERAKSI DENGAN WARGA. TAK BOLEH ADA SATU PUN SUARA HATI YANG TAK TERCATAT DALAM EKSPEDISI.

3. MENERAPKAN PRINSIP-PRINSIP INKLUSIVITAS DALAM EKSPEDISI. BERTEMU WARGA TERPINGGIRKAN, KOMUNITAS ADAT, MEMBERIKAN AKSES PADA PENYANDANG DISABILITAS, DAN MENDENGARKAN SEMUA WARGA TANPA KECUALI.

4. TEMUI ORANG-ORANG YANG SELAMA INI BERJASA DALAM HIDUP KITA DAN BELUM MENDAPATKAN KEADILAN: GURU, PETANI, NELAYAN, PETERNAK, BURUH, PEKERJA MIGRAN, PEDAGANG KECIL, TENAGA KESEHATAN, DAN PROFESI MULIA LAINNYA YANG BEKERJA DALAM SUNYI.

5. HARGAI SETIAP SUARA ANAK-ANAK MUDA YANG DITEMUI. AJAK PEMUDA BERDIALOG DALAM EKSPEDISI. JADIKAN PERTEMUAN DENGAN PEMUDA DAN PEMUDI SEBAGAI INSPIRASI MEMECAHKAN BERAGAM SOLUSI PERMASALAHAN BANGSA INI.

6. MEMPERHATIKAN SECARA KHUSUS HARAPAN-HARAPAN DARI PARA PEREMPUAN. SEORANG PEREMPUAN BISA MENGUBAH PERJALANAN SATU GENERASI. DENGARKAN SUARA HATI PEREMPUAN!

7. TERBUKA TERHADAP KRITIK. PANDANG KRITIK SEBAGAI EKSPRESI KEPEDULIAN, BUKAN SUARA-SUARA YANG HARUS DISINGKIRKAN.

8. JADIKAN EKSPEDISI INI SEBAGAI IKHTIAR MEWUJUDKAN KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA. (jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler