Lestari Moerdijat: Bangun Kreativitas Anak Bangsa untuk Ciptakan Kemandirian

Kamis, 04 Agustus 2022 – 14:30 WIB
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat menuturkan kehadiran vaksin Covid-19 produksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai bentuk upaya kemandirian bangsa dalam beradaptasi menyikapi dampak pandemi, lewat kreativitas anak bangsa.

"Kreativitas anak bangsa dalam memenuhi kebutuhan dalam negeri patut diapresiasi di tengah ancaman pandemi dan krisis global yang belum berakhir," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/8).

BACA JUGA: Pimpinan MPR RI Kompak Menyambangi Surya Paloh Bahas Persoalan Penting

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan pada Agustus 2022 lalu akan hadir vaksin Covid-19 dalam negeri yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Saat ini, vaksin tersebut sedang dalam uji klinis tahap 3 yang melibatkan 4.040 subjek usia 18 tahun ke atas.

BACA JUGA: Kasus Covid-19 Meningkat, Lestari Moerdijat Minta Peserta Didik Tingkatkan Prokes

Lestari berpendapat semua upaya untuk bangkit di masa negeri itu untuk menghadapi berbagai tantangan dampak krisis global harus konsisten dilakukan.

Rerie, sapaan akrab Lestari berharap para pemangku kepentingan berperan aktif untuk terus membangkitkan potensi anak bangsa dalam menjawab tantangan di berbagai sektor seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi, politik, sosial, dan budaya.

BACA JUGA: Lestari Moerdijat Dorong Pelaku Usaha Berkolaborasi Menyambut Kebangkitan Pariwisata

"Saat ini merupakan waktu yang tepat untuk seluas-luasnya memanfaatkan potensi yang dimiliki anak bangsa untuk membangun kemandirian," tuturnya.

Semangat menuju kemandirian ketersediaan vaksin Covid-19 untuk bangsa sendiri, ujar Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, bisa dijadikan pemicu bangsa untuk mengakselerasi pencapaian kemandirian di berbagai sektor lainnya.

Kemandirian, jelas Rerie, tentu saja tidak diartikan sebagai benar-benar mandiri dalam segala bidang.

Karena sejatinya, tambah dia, tidak ada satu bangsa yang bisa hidup sendiri di dunia tanpa keterkaitan dengan bangsa lain.

Kemandirian bangsa, menurut Rerie, tentu saja harus dimulai dengan membangun kepercayaan diri dan optimisme anak bangsa dalam menjawab setiap tantangan yang dihadapi.

"Berbagai upaya untuk membangun optimisme anak bangsa merupakan langkah strategis yang harus segera dilakukan dalam setiap upaya bangsa ini," kata Rerie. (jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mbak Rerie Minta Kasus Kekerasan Seksual Harus Dikawal Hingga Tuntas


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler