Lestari Moerdijat Sebut Pendidikan Karakter Sejak Dini jadi Modal Bangun Nasionalisme

Kamis, 27 April 2023 – 07:47 WIB
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat (Rerie) mengatakan pendidikan karakter harus diimplemnetasikan sejak dini dan konsisten. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan pendidikan karakter harus diimplemnetasikan sejak dini dan konsisten.

Hal itu untuk membangun sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing dan memiliki nasionalisme kuat.

BACA JUGA: Lestari Moerdijat: Masyarakat Diharapkan Mampu Tingkatkan Semangat Persatuan

Menurut dia upaya untuk membentengi generasi muda dari pengaruh negatif yang mampu merusak karakter anak bangsa harus menjadi kepedulian bersama.

"Implementasi sejak dini pendidikan karakter di setiap rumah tangga dan lembaga pendidikan harus konsisten dilakukan," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/4).

BACA JUGA: Prihatin Tawuran Remaja Marak Terjadi, Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat Singgung Hal Ini

Dalam sepekan ini, media sosial tersaji tindakan oknum peneliti dan aparat keamanan yang mempertontonkan tindak kekerasan dalam bentuk tindakan terhadap ormas hingga ibu pengendara motor di jalan.

Sebelumnya juga diberitakan sejumlah aksi kekerasan antarwarga di beberapa daerah.

BACA JUGA: Penyebaran Penyakit Berpotensi Terjadi di Masa Mudik, Simak Pesan Lestari Moerdijat

Derasnya perilaku negatif tersaji di berbagai platform media dan terjadi berulang-ulang, ujar Lestari, dikhawatirkan mampu mempengaruhi proses pembentukan karakter generasi muda.

"Apalagi, keteladanan adalah salah satu faktor yang mampu membantu pembentukan karakter seseorang," ujar Rerie sapaan akrab Lestari.

Karena itu, Rerie mendorong agar penanaman nilai-nilai kebangsaan dan budi pekerti dilakukan sejak dini dalam rangka memperkuat pondasi karakter anak bangsa, sejak di keluarga hingga lembaga pendidikan.

Selain keteladanan, ujar Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, para orang tua dan guru mampu menyampaikan pesan moral terhadap satu peristiwa, baik di rumah atau pun di sekolah.

Selain itu, jelas Rerie, mengedepankan sikap jujur, saling menghormati dan budi pekerti yang baik terhadap sesama manusia dalam keseharian juga harus menjadi dasar bersosialisasi di masyarakat.

Sehingga mampu menginspirasi generasi penerus bangsa.

"Negara harus hadir dalam upaya mengakselerasi proses pembangunan karakter SDM nasional, agar mampu membentengi setiap anak bangsa dari gempuran nilai-nilai yang tidak sesuai dengan nilai kebangsaan dan budaya yang kita miliki," kata wanita yang menjabat anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat Minta Mudik Aman dan Nyaman jadi Tujuan Bersama


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler