Letjen Agus Subiyanto Tegaskan Pameran Alutsista TNI AD di Monas untuk Mengedukasi Masyarakat

Selasa, 26 September 2023 – 07:20 WIB
Sejumlah prajurit dari Komando Cadangan Strategis TNI AD (Kostrad) menjaga peluncur roket Astros II MK 6 yang dipamerkan di Monumen Nasional, Jakarta, Senin (25/9/2023). ANTARA/Genta Tenri Mawangi.

jpnn.com - JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat menggelar pameran alat utama sistem senjata di kawasan Monumen Nasional, Jakarta.

Pameran alutsista yang juga diikuti oleh matra TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara, itu merupakan rangkaian peringatan HUT Ke-78 TNI yang puncaknya dirayakan pada 5 Oktober 2023.

BACA JUGA: TNI AD Gelar Dialog untuk Mencegah Konflik Sosial, Sejumlah Tokoh di Sorong Selatan Merespons Positif

Dalam pameran alutsista itu, TNI AD menampilkan sejumlah kendaraan tempur dan taktis, senjata-senjata, dan pakaian tempur, serta alat-alat lain salah satunya dapur umum mobile.

Jajaran kendaraan tempur yang dipamerkan TNI AD, antara lain, sistem senjata artileri medan seperti peluncur roket Astros II MK 6 dan kendaraan tempur panser 6x6 “Badak” buatan PT Pindad.

BACA JUGA: TNI AL Memodernisasi Alutsista

Peluncur roket Astros II MK 6 yang dapat meluncurkan lebih dari satu roket dalam satu waktu (MLRS) saat ini digunakan oleh Batalyon Artileri Medan (Yonarmed) 10 Komando Cadangan Strategis TNI AD (Kostrad).

“Jadi, TNI AD pada HUT TNI yang ke-78 melaksanakan beberapa kegiatan, salah satunya adalah gelar alutsista yang dilakukan, dilaksanakan di pusat dan di wilayah-wilayah," kata Wakil Kepala Staf TNI AD Letjen TNI Agus Subiyanto ditemui di Monas, Jakarta, Senin (25/9).

BACA JUGA: Jenderal Dudung Keluarkan Perintah, TNI AD Bergerak, Hasilnya Langsung Tampak

Dia mengatakan pameran alutsista TNI AD di area Monas sejak akhir pekan lalu, itu merupakan bentuk edukasi terhadap masyarakat.

Jenderal bintang tiga itu mengatakan bahwa pihaknya melakukan gelar alutsista lama sampai yang terbaru milik TNI AD itu, agar masyarakat bisa melihat langsung.

"Jadi, kami menggelar alutsista yang dimiliki oleh TNI AD, yang lama sampai yang terbaru kami gelar agar masyarakat bisa melihat,” ungkapnya.

Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto (dua kanan) dan Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak (tiga kanan) berbincang-bincang saat meninjau pameran alutsista TNI AD di Monumen Nasional, Jakarta, Senin (25/9/2023). ANTARA/Genta Tenri Mawangi.

Tidak hanya gelar alutsista, kata Letjen Agus, TNI AD juga menggelar bakti sosial, donor darah, dan sunatan massal.

“Diharapkan ini bisa mempererat antara masyarakat dengan TNI. TNI dan rakyat lebih erat lagi,” kata dia.

Wakasad Letjen Agus Subiyanto bersama jajaran TNI AD, seperti Panglima Kostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, juga meninjau langsung beberapa alutsista yang dipamerkan, dan menyapa prajurit yang menjaga.

Maruli menjelaskan teknologi pertahanan makin maju dan TNI AD perlu beradaptasi dengan itu.

“Dengan teknologi sekarang kita bisa banyak pakai drone, mungkin satelit,” kata Maruli saat ditemui selepas meninjau pameran.

Dia menambahkan pihaknya juga mendirikan booth di area Monas sehingga selama acara HUT TNI berlangsung, masyarakat dapat datang langsung dan melihat kegiatan dari Kostrad.

“Ini kami memperlihatkan bahwa kami cukup kuat. Ada pertahanan udara, ada artileri medan, ada banyak, termasuk bagaimana Kodam Jaya melindungi DKI (Jakarta). Kami juga backup lagi. Sebenarnya ini barang-barang canggih. Begini-begini ada yang bisa mengejar pesawat,” kata Letjen Maruli Simanjuntak. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler