Lewat Karya Nyata Festival ke-11, Menteri BUMN Dukung Pertumbuhan UMKM di Sumsel

Selasa, 08 Oktober 2024 – 01:11 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir berharap program earth day menjadi sebuah program yang tidak hanya mendidik tetapi juga mengajak berpikir sehat dengan peduli kepada alam. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, PALEMBANG - Kementerian BUMN sukses menggelar Karya Nyata Festival ke-11 di Palembang, sebagai bagian dari upaya memperkuat ekonomi lokal dan mendorong pengembangan UMKM di Sumatera Selatan.

Setelah sebelumnya acara serupa juga sukses digelar di beberapa kota yaitu Pamulang, Padang, Medan, Jambi, Belitung, Pekanbaru, Aceh, Jogyakarta, Bekasi, Batu Malang.

BACA JUGA: Pupuk Kaltim Raih The Best State Owned Enterprise TOP BUMN Awards 2024

Sementara di Palembang acara diadakan di Lapangan DPRD Provinsi Sumatera Selatan selama dua hari yaitu dari 5-6 Oktober 2024 dengan menampilkan beragam produk lokal yang menarik perhatian masyarakat.

Festival ini bertujuan untuk memperkenalkan peran strategis BUMN dalam mendukung UMKM agar lebih berkembang.

BACA JUGA: Proyeksi Penurunan Suku Bunga Berpotensi Positif Bagi Pasar Aset Kripto

"Dengan adanya Rumah BUMN yang siap memberikan support untuk para UMKM binaan BUMN berharap dapat memfasilitasi tempat yang strategis untuk UMKM bisa berjualan. Kalau UMKM maju maka ekonomi maju, dan BUMN bisa terus support UMKM," ujar Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga.

Di kesempatan yang sama, Arya juga memperkenalkan sebuah aplikasi berbasis kurikulum yaitu aplikasi Naksir UMKM untuk menyelaraskan dan meningkatkan kompetensi UMKM.

BACA JUGA: BKI Raih 2 Penghargaan di Ajang BUMN Business Forum 2024

“Terima kasih juga kepada Gubernur Sumatera Selatan yang sudah memberikan fasilitas tempat pelaksanaan festival karya nyata,” kata Arya.

Penyelenggaraan Festival Karya Nyata Palembang didukung oleh BUMN PIHC, BRI, dan PTBA serta juga melibatkan hampir seluruh BUMN seperti MIND ID, Pertamina, Pusri, Pegadaian, Hutama Karya, Semen Baturaja, Bank Mandiri, Inalum, Antam, Biofarma, ID Food, Krakatau Steel, Pertamina Geothermal Energy, BNI, dan Timah yang turut berperan aktif mendukung UMKM lokal.

Tak hanya menampilkan pameran produk seperti lokal food, festival minuman, bazaar kuliner, tetapi juga berbagai kegiatan menarik lainnya seperti talkshow keberlanjutan, expert talk dan business matching, senam sehat, live band nasional, dan rekor formasi kalimat dari rangkaian pempek terbanyak di dalam tampah.

Selain itu, pengunjung memiliki kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan perwakilan BUMN dan mendapatkan penawaran menarik selama acara berlangsung.

Ada 106 UMKM yang berpatisipasi terdiri dari craft, fashion dan F&B.

Festival ini berhasil menarik ribuan pengunjung dari Palembang dan sekitarnya dan juga berhasil membukukan transaksi jual beli sebesar Rp.511.433.000.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler