Lewat TGIF 2024, TASPEN Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Penerapan GRC

Kamis, 26 September 2024 – 17:03 WIB
TASPEN menggelar TASPEN Governance, Risk dan Compliance Insight Forum (TGIF) 2024 dengan tema “Reshaping GRC Behaviour To Maintain Sustainable Growth”. Foto dok TASPEN

jpnn.com, JAKARTA - PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (TASPEN) kembali menggelar TASPEN Governance, Risk dan Compliance Insight Forum (TGIF) 2024 dengan tema “Reshaping GRC Behaviour To Maintain Sustainable Growth”.

Kegiatan TGIF ini bertujuan untuk menyatukan pemahaman seluruh Insan TASPEN dengan memperdalam pengetahuan terkait penerapan (Governance, Risk, and Compliance/GRC) dalam setiap langkah bisnis perusahaan, melalui kegiatan seminar dengan narasumber dan pakar yang kompeten di bidangnya.

BACA JUGA: TASPEN Gelar Change Agent Summit 2024 untuk Mendukung Lingkungan Kerja Harmonis dan Kolaboratif

Kegiatan dihadiri oleh Dewan Komisaris dan Jajaran Direksi TASPEN, Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan RI, R. Narendra Jatna serta pimpinan Klaster Jasa Asuransi dan Dana Pensiun. Seluruh Kepala Unit Kerja TASPEN dari seluruh Indonesia dan mitra bisnis TASPEN juga turut berpartisipasi dalam kegiatan yang digelar di Hotel Tentrem, Tangerang (19/9).

“Kegiatan TGIF, merupakan salah satu wujud komitmen TASPEN untuk selalu menerapkan Tata Kelola Perusahaan yang baik, pengelolaan risiko yang efektif dan menerapkan standar etika yang sesuai dengan regulasi dan kebijakan internal," ujar Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko TASPEN, Diyantini Soesilowati.

BACA JUGA: TCL Hadirkan Gentle Cool Inverter AC, Dingin Hemat Listrik Hingga 70%

"Kegiatan TGIF sudah dilaksanakan 3 kali yang dimulai 2022–2024 dengan tema yang terus menyesuaikan sesuai kebutuhan dalam merespon tantangan ke depan dan sejalan dengan harapan dari stakeholder. Kegiatan TGIF 2024 diharapkan dapat memberikan insight dan refreshment untuk konsisten menerapkan GRC dalam segala aspek dan yakin bahwa apa yang dimulai hari ini akan berdampak besar pada perusahaan di kemudian hari dan terus berkelanjutan," imbuh Diyantini.

Kegiatan TGIF 2024 merupakan salah satu inisiatif TASPEN untuk menginternalisasi nilai-nilai GRC dalam lingkungan perusahaan.

BACA JUGA: Negara Harus Adil Dalam Penyusunan PP 28/2024 & RPMK

Acara ini menghadirkan sejumlah pakar dan ahli di bidang tata kelola perusahaan untuk meningkatkan pemahaman para Insan TASPEN.

Komisaris Utama TASPEN, Suhardi Alius menuturkan TASPEN berkomitmen meningkatkan penerapan Tata Kelola Perusahaan yang baik atau GCG.

Penerapan GRC menjadi fondasi utama bagi TASPEN dalam menjaga pertumbuhan yang berkelanjutan.

"Bukan hanya sebagai alat untuk mematuhi regulasi, tetapi juga sebagai kerangka untuk mendorong tata kelola yang lebih baik, mengelola risiko dengan bijak, serta memastikan seluruh kegiatan operasional Perusahaan tetap berada dalam koridor yang tepat," imbuh Suhardi.

Tahun 2024, hasil penilaian tingkat kematangan manajemen risiko TASPEN yang diukur dengan penilaian Risk Maturity Index memperoleh nilai Strong Practice Phase.

Adapun aspek dimensi yang dinilai, antara lain budaya dan kapasitas risiko, organisasi dan tata kelola risiko, kerangka risiko dan kepatuhan, proses dan kontrol risiko, dan model, data dan teknologi risiko.

Selain itu, sejak 2014 hingga 2022, penilaian GCG TASPEN selalu berada di kategori sangat baik.

Pada 2022, penilaian GCG TASPEN memperoleh nilai tertingginya yakni sebesar 99,66 yang juga termasuk kategori "sangat baik".

Dalam pemenuhan kepatuhan terhadap regulasi, TASPEN melakukan pemantauan atas Kewajiban Penyampaian Laporan kepada Regulator.

Sepanjang 2023, TASPEN telah memenuhi seluruh kewajiban penyampaian laporan pada regulator, yaitu Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dengan menjalankan prinsip GRC yang baik, TASPEN bisa memberikan nilai tambah bagi semua pemangku kepentingan, termasuk meningkatkan kepercayaan publik dan memperkuat keberlanjutan bisnis di masa depan sehingga dapat menghadirkan layanan berkualitas serta mengembangkan inovasi produk yang tidak hanya relevan, tetapi juga sesuai dengan kebutuhan seluruh peserta di Indonesia.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler